Pendampingan Praktik Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa dengan Tamu Asing di Sumbawa
Abstract
Bahasa Inggris memiliki peran yang sangat penting dalam era modern saat ini sebagai instrument komunikasi internasional. Dosen dan pengajar berusaha menerapkan metode-metode pembelajaran yang mampu memotivasi pembelajar, agar mereka mampu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang memadai. Namun, kenyataannya mahasiswa masih banyak yang belum mampu untuk mengoptimalkan hasil belajar di kelas terkait komunikasi bahasa Inggris. Kegiatan PKM dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu, 1) persiapan, 2) implementasi, dan 3) evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat terkait dengan topik pendampingan praktik berbicara bahasa inggris mahasiswa dengan tamu asing di kabupaten Sumbawa adalah berpraktik dan berinteraksi langsung dengan tamu asing yang menginap di Hotel Pantai Kencana. Hasil PKM menunjukkan bahwa; 1) Peningkatan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dari para mahasiswa yang mengikuti proses praktik, 2) Mahasiswa berhasil meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris, serta mampu mengaplikasikan kosakata dan struktur kalimat yang mereka pelajari, dan 3) Peningkatan pemahaman mahasiswa tentang keragaman budaya, dan juga mengasah kemampuan interpersonal dan empati dalam berkomunikasi lintas budaya.References
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.
Aristo, T. J. V. (2019). Stimulating Student’s Interest in Listening through Western Music (PkM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(1), 10–16.
Dalam, K., Bahasa, B., Dan, I., Ayu, I. G., Dian, A., & Warmadewa, U. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal, 1(2), 64–70.
Dimara, J. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelurahan Kalibobo Kabupaten Nabire Papua Tengah. Jurnal Wiyata Cenderawasih, 1(1), 41. https://uswim.e-journal.id/WIYATACENDERAWASIH/article/download/407/308
Harapan, U. P., Boulevard, J. M. H. T., Dua, K., & Dua, K. (2020). Keterampilan Menjelaskan Guru untuk Membangun Minat Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245–1252.
Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493
Laoh, M., El, B., Lagarense, S., Lumettu, A., Manado, P. N., & Manado, P. N. (2016). Pentingnya penguasaan bahasa inggris bagi pramusaji. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 3(2), 114–232.
Maduwu, B. (2016). PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH. Jurnal Warta, 5(1), 1689–1699. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa
Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Dharmawangsa, 14(2), 221–230.
Nasution; Mardiah Kalsum. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 1(9), 9–16.
Rachmadhan, M. A., Wardana, A. E., & Maula, L. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media English Vocabulary Card. Jurnal Perseda, III(1), 47–53.
Saragih, J. T. (2019). Strategi Komunikasi Front Office Dalam Meningkatkan Minat Tamu Hotel Grand Zuri Pekanbaru. Jom Fisip, 6(1), 1–12.
Yahrif, M., Sirajuddin, S., & Utami, N. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris Melalui Kegiatan English Camp. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1507