Consumers On Repurchase Interest With Customer Satisfaction As An Intervening Variable (Survey Of Shopee Mall Indonesia Consumers In Kuningan, West Java)

Dea Nurmela

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan untuk meningkatkan niat pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang pasti dan beralasan. Sampel terdiri dari 150 orang di Kuningan, Jawa Barat, yang pernah melakukan pembelian di Shopee Mall Maybelline. Pengambilan sampel probabilitas digunakan. Setelah dilakukan analisis faktor konfirmatori, dilakukan analisis data deskriptif dan uji analisis struktural terhadap indikator-indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan namun tidak berpengaruh langsung terhadap minat beli. Selain itu kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompensasi, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan yang selanjutnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel perantara. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman teori manajemen pemasaran, khususnya dalam konteks kualitas layanan, kepercayaan pelanggan, dan preferensi pembelian yang dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Konsumen, Niat Beli Ulang, Kualitas Pelayanan



References


Ardhanari, M. (2008). Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference Dan Repurchase Intention Private Brand. Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand …. (Margaretha Ardhani) Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 588(2), 58–69.

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i2.759

Dwipayana, B., & Sulistyawati, E. (2018). Peran kepuasan dalam memediasi pengaruh kepercayaan terhadap niat beli ulang pada go-food di FEB UNUD. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(10), 5197–5229. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i10.p1

Fitria, H., & Mua’adzah. (2021). Pendekatan Metode Stuctural Equation Model (Sem) Untuk Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Pada Jasa Kurir. Journal of Industrial Engineering and Technology, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.24176/jointtech.v1i2.6515

Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Kristianto, F. P., Widianto, W., & Pangestika, E. (2021). Analisis pengendalian persediaan bahan baku pt. X dengan menggunakan metode economic order quantity (EOQ). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(2), 150–158. https://doi.org/10.47233/jppie.v1i1.431

Meida, F., Astuti, M., & Nastiti, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Sociolla Di Era Pandemic Covid-19. Ikraith-Ekonomika, 5(2), 157–166. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1326

Mulatsih, O. E. (2021). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada warung jepun ums dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada Mahasiswa FEB UMS) [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/92866/11/NASKAH PUBLIKASI_ONY ENDAH M_B100170048.pdf

Mulyana, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pelanggan shao kao kertajaya melalui kepuasan pelanggan Adi. AGORA, 7(2), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/287237-pengaruh-kualitas-produk-dan-kualitas-pe-6c8bf4cd.pdf

Ratnasari, R. L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 2598–2893.

Rinaldi, A., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Traveloka di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20901




DOI: https://doi.org/10.25134/ijbe.v6i2.9240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal Of Business And Economics