DAMPAK SURAT EDARAN BPOM PERIHAL IKLAN SUSU KENTAL MANIS (SKM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SKM FRISIAN FLAG di KABUPATEN KUNINGAN

Vigory Gloriman Manalu

Abstract


DAMPAK SURAT EDARAN BPOM PERIHAL IKLAN SUSU KENTAL MANIS (SKM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SKM FRISIAN FLAG di KABUPATEN KUNINGAN

Vigory Gloriman Manalu

Universitas Kuningan

ABSTRACK

Sweetened condensed milk (SKM) is a common product consumed by the people of Indonesia, and one of the most famous sweetened condensed milk products (SKM) in Indonesia is Frisian Flag or Cap Bendera. But lately public thrown with the circular letter BPOM about sweetened condensed milk three of advertisement sweetened condensed milk withdrawn from circulation because it does not provide actual information about the product. This research is conducted to find out whether there is any impact from the circular of BPOM about advertisement to buying decision of Frisian Flag milk in Kuningan Regency. So from the results of research conducted found that there is an impact, it turns out advertising can affect purchasing decisions but not strongly or weakly.

Keywords: Advertising, Buying Decision

JEL : M37 (Advertising), M31 (Marketing)

ABSTRAK

Susu kental manis (SKM) adalah produk yang lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, dan salah satu produk susu kental manis (SKM) yang paling terkenal di Indonesia adalah Frisian Flag atau cap Bendera. Namun akhir-akhir ini publik dihebohkan dengan adanya surat edaran BPOM perihal susu kental manis yaitu 3 ikaln susu kental manis ditarik dari peredaran karena tidak memberikan informasi yang sebenarnya tentang produk tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada dampak dari surat edaran BPOM perihal iklan terhadap keputusan pembelian susu Frisian Flag di Kabupaten Kuningan. Maka dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa memang ada dampaknya, ternyata iklan dapat mempengaruhi keputusan pembelian tetapi tidak secara kuat atau lemah.

Kata Kunci: Iklan, Keputusan Pembelian

JEL : M37 (Iklan), M31 (Marketing)


Full Text:

PDF

References


https://www.bps.go.id/statictable/ 2014/09/08%2000:00:00/950/rata-rata-konsumsi-per-kapita-seminggu-beberapa-macam-bahan-makanan-

penting-2007-2017.html diakses

pada tanggal 27 juli 2018

https://www.pom.go.id/new/view/ more/klarifikasi/87/PENJELASAN-BPOM-RI--TENTANG--SUSU-KENTAL-MANIS--SKM-.html diakses pada

tanggal 27 juli 2018

https://tirto.id/ylki-produk-skm-harus-beri-keterangan-kandungan-gula-cw4X diakses pada tanggal 27

juli 2018

https://news.detik.com/kolom/d-3592076/meluruskan-pandangan-menyesatkan-tentang-susu-kental-manis diakses pada tanggal 27 juli

Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016).

Brand Image and Product Price;

Its Impact for Samsung

Smartphone Purchasing

Decision. Procedia - Social and

Behavioral Sciences, 219, 221

https://doi.org/10.1016/j.sbsp

ro.2016.05.009

Ghaderi, M., Ruiz, F., & Agell, N.

(2015). Understanding the

impact of brand colour on

brand image: A preference

disaggregation approach.

Pattern Recognition Letters,

, 1118.

https://doi.org/10.1016/j.patr

ec.2015.05.011

Lahap, J., Ramli, N. S., Said, N. M.,

Radzi, S. M., & Zain, R. A. (2016). A Study of Brand Image towards Customers

Satisfaction in the Malaysian

Hotel Industry. Procedia -

Social and Behavioral Sciences,

(August 2015), 149157.

https://doi.org/10.1016/j.sbsp

ro.2016.05.430

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.

Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi

ke 13 Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. & Gary Armstrong.

Principle Of Marketing, 15th

edition. New Jersey: Pearson

Prentice Hall.

Kasali, Rhenald. (2007). Membidik

Pasar Indonesia Segmentasi

Targeting Positioning. Jakarta : PT

Gramedia Pustaka Utama

Ridwan dan Engkos Ahmad Kuncoro,

Cara Menggunakan dan

Memakai Analisis Jalur (Path

Analysis). Bandung : CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.