DAMPAK SURAT EDARAN BPOM PERIHAL IKLAN SUSU KENTAL MANIS (SKM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SKM FRISIAN FLAG di KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
DAMPAK SURAT EDARAN BPOM PERIHAL IKLAN SUSU KENTAL MANIS (SKM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SKM FRISIAN FLAG di KABUPATEN KUNINGAN
Vigory Gloriman Manalu
Universitas Kuningan
ABSTRACK
Sweetened condensed milk (SKM) is a common product consumed by the people of Indonesia, and one of the most famous sweetened condensed milk products (SKM) in Indonesia is Frisian Flag or Cap Bendera. But lately public thrown with the circular letter BPOM about sweetened condensed milk three of advertisement sweetened condensed milk withdrawn from circulation because it does not provide actual information about the product. This research is conducted to find out whether there is any impact from the circular of BPOM about advertisement to buying decision of Frisian Flag milk in Kuningan Regency. So from the results of research conducted found that there is an impact, it turns out advertising can affect purchasing decisions but not strongly or weakly.
Keywords: Advertising, Buying Decision
JEL : M37 (Advertising), M31 (Marketing)
ABSTRAK
Susu kental manis (SKM) adalah produk yang lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, dan salah satu produk susu kental manis (SKM) yang paling terkenal di Indonesia adalah Frisian Flag atau cap Bendera. Namun akhir-akhir ini publik dihebohkan dengan adanya surat edaran BPOM perihal susu kental manis yaitu 3 ikaln susu kental manis ditarik dari peredaran karena tidak memberikan informasi yang sebenarnya tentang produk tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada dampak dari surat edaran BPOM perihal iklan terhadap keputusan pembelian susu Frisian Flag di Kabupaten Kuningan. Maka dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa memang ada dampaknya, ternyata iklan dapat mempengaruhi keputusan pembelian tetapi tidak secara kuat atau lemah.
Kata Kunci: Iklan, Keputusan Pembelian
JEL : M37 (Iklan), M31 (Marketing)
References
https://www.bps.go.id/statictable/ 2014/09/08%2000:00:00/950/rata-rata-konsumsi-per-kapita-seminggu-beberapa-macam-bahan-makanan-
penting-2007-2017.html diakses
pada tanggal 27 juli 2018
https://www.pom.go.id/new/view/ more/klarifikasi/87/PENJELASAN-BPOM-RI--TENTANG--SUSU-KENTAL-MANIS--SKM-.html diakses pada
tanggal 27 juli 2018
https://tirto.id/ylki-produk-skm-harus-beri-keterangan-kandungan-gula-cw4X diakses pada tanggal 27
juli 2018
https://news.detik.com/kolom/d-3592076/meluruskan-pandangan-menyesatkan-tentang-susu-kental-manis diakses pada tanggal 27 juli
Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016).
Brand Image and Product Price;
Its Impact for Samsung
Smartphone Purchasing
Decision. Procedia - Social and
Behavioral Sciences, 219, 221–
https://doi.org/10.1016/j.sbsp
ro.2016.05.009
Ghaderi, M., Ruiz, F., & Agell, N.
(2015). Understanding the
impact of brand colour on
brand image: A preference
disaggregation approach.
Pattern Recognition Letters,
, 11–18.
https://doi.org/10.1016/j.patr
ec.2015.05.011
Lahap, J., Ramli, N. S., Said, N. M.,
Radzi, S. M., & Zain, R. A. (2016). A Study of Brand Image towards Customer’s
Satisfaction in the Malaysian
Hotel Industry. Procedia -
Social and Behavioral Sciences,
(August 2015), 149–157.
https://doi.org/10.1016/j.sbsp
ro.2016.05.430
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.
Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi
ke 13 Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. & Gary Armstrong.
Principle Of Marketing, 15th
edition. New Jersey: Pearson
Prentice Hall.
Kasali, Rhenald. (2007). Membidik
Pasar Indonesia Segmentasi
Targeting Positioning. Jakarta : PT
Gramedia Pustaka Utama
Ridwan dan Engkos Ahmad Kuncoro,
Cara Menggunakan dan
Memakai Analisis Jalur (Path
Analysis). Bandung : CV Alfabeta.