Analisis Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Layanan Sebagai Variabel Intervening

Iqbal Arraniri

Abstract


Abstrak

Komitmen Pemerintah terhadap sektor UMKM dengan mengeluarkan dari kebijakan relaksasi DNI (daftar Negatif Investasi) akan tetap menjadi kekhawatiran bagi para pelaku UMKM yang belum siap menghadapi disrupsi dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini diperkuat dengan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhuan ekonomi mencapai 62 juta unit UMKM dengan serapan tenaga kerja sebesar 116 juta orang dan kontirbusi terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60%. Kinerja bisnis yang tinggi memiliki peranan strategis jika dihadapkan dengan faktor eksternal yang lebih kuat pengaruhnya daripada faktor internal dalam menjaga keberlangsungan hidup UMKM, oleh kerena itu penerapan manajemen strategi sangat diperlukan bagi UMKM Kecamatan Kuningan Jawa Barat karena tidak semua memiliki daya tahan yang sama satu sama lainnya terhadap persaingan bisnis. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan kedudukan beberapa variable yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lain untuk menekankan semakin pentingnya keunggulan bersaing dari UMKM. Dalam pandangan yang lebih luas, penelitian ini berfungsi sebagai sumber informasi yang akan mempromosikan UMKM menuju keunggulan bersaing. Akhirnya, penelitian ini akan memberikan beberapa kesimpulan yang tersedia dan rekomendasi konkrit.

 

Keyword: Orientasi Pasar, Kualitas Layanan, Keunggulan Bersaing


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adrianus Philip Schalk. (2008). Effffectts off Markett Oriienttattiion on Busiiness Perfformance:: Empiiriicall Eviidence ffrom Icelland. Marketing and International Business. Retrieved from www.vidskipti.hi.is

Africa, S. (2016). “ Factors affecting the performance of small and medium enterprises in Factors affecting the performance of small and medium enterprises in KwaZulu-Natal , South Africa. https://doi.org/10.21511/ppm.14(2-2).2016.03

Annisa Sulistyo Rini. (2018). Jokowi Pastikan UMKM Dicoret dari Relaksasi DNIe. Retrieved November 30, 2018, from http://finansial.bisnis.com/read/20181128/9/864139/jokowi-pastikan-umkm-dicoret-dari-relaksasi-dni

ASHARIYADI. (2016). Majalah Masyarakat ASEAN edisi 12. Mizana Khusnu Perdani, 4. https://doi.org/iSSn 2460-1683

Bersaing, K., Orientasi, M., & Produk, I. (2018). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk, (January 2017).

Culiberg, B. (2010). IDENTIFYING SERVICE QUALITY DIMENSIONS AS ANTECEDENTS TO CUSTOMER SATISFACTION IN RETAIL BANKING, 12(3), 151–166.

Dan, B., & Perusahaan, K. (2017). PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP NILAI INOVASI , KEUNGGULAN, (September). https://doi.org/10.18860/ed.v2i1.3109

Ekonomi, F., & Jambi, U. (2011). ANALISIS KUALITAS LAYANAN KONSUMEN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING JASA TRANSPORTASI DARAT PADA PT . KERETA API INDONESIA ( PERSERO ) KELAS ARGO, (2), 1–8.

Koperasi, B., Usaha, D. A. N., & Menengah, K. D. A. N. (2017). Arah kebijakan bidang koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Kraja, Y., & Osmani, E. (2013). COMPETITIVE ADVANTAGE AND ITS IMPACT IN SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES ( SMEs ) ( CASE OF ALBANIA ), 9(16), 76–85.

Lela Nurlela Wati. (2018). Metodologi Penelitian Terapan. (Momon, Ed.). Bandung: CV. Mujahid Press.

Letak & Keadaan Geografis Pemerintah Kabupaten Kuningan. (n.d.).

Li, S., Ragu-nathan, B., Ragu-nathan, T. S., & Rao, S. S. (2006). The impact of supply chain management practices on competitive advantage and organizational performance, 34, 107–124. https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.08.002

Maryam, S., Marzieh, T., & Marzieh, G. (2014). Relationship among market orientation , service quality and organizational performance from perspective of Gonbad Kavoos Telecommunication firm employees, 5(3), 464–466.

Maydeu-olivares, A., & Lado, N. (n.d.). Market orientation and business economic performance A mediated model. https://doi.org/10.1108/09564230310478837

Mempengaruhi, Y., Layanan, K., Pribadiyanto, N., & S, U. T. (2004). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR ORIENTASI PASAR RELEVANSINYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN, 1, 50–60.

Muhidin, S. A., & Maman Abdurahman. (2017). ANALISIS KORELASI, REGRESI, DAN JALUR DALAM PENELITIAN (3rd ed.). Bandung: CV. PUSTAKA SETIA.

Narver, J. C., & F., S. F. S. (1990). The Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing, 21.

Njeru, W. G., & Kibera, P. F. N. (2014). THE PERCEIVED EFFECTS OF THE THREE COMPONENTS OF MARKET ORIENTATION ON, 10(25), 266–285.

Osmani, E. (2015). IMPORTANCE OF EXTERNAL AND INTERNAL ENVIRONMENT IN CREATION OF COMPETITIVE ADVANTAGE TO SMEs . ( CASE OF SMEs , IN THE NORTHERN REGION OF, 11(13), 120–130.

Pandey, P., & Meenu Mishra Pandey. (2015). RESEARCH METHODOLOGY: TOOLS AND TECHNIQUES (First publ, p. 84). Romania, European Union: BRIDGE CENTER Buzau, Al. Marghiloman 245 bis, 120082 Tel. 0728394546 e-mail: [email protected] Romania, European Union.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2009). Model Service Its Quality and Implications for Future, 49(4), 41–50.

Pengertian STATISTIK DESKRIPTIF dan STATISTIK INFERENSIAL - Globalstats Academic. (n.d.).

Profile, S. E. E. (2018). ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Penjualan Komputer).

Sendhang Nurseto. (2014). PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PADA UKM BIDANG FURNITURE DI KOTA SEMARANG. Jurnal Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jis.13.1.2014.17-22

Servqual Model as Performance Evaluation Instrument for Small and Medium Sized Enterprises ( SME ): Evidence From Customers in Nigeria. (2016), 12(28), 520–540. https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n28p520

Setio Sapto Nugroho. (2008). UURI No20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah. Jakarta.

Sinaga, V. C., & Gallena, J. T. (2018). The Influence of Competitive Advantage on Firm Performance of Small Medium Enterprises ( SMEs ), Lembang , Bandung , Indonesia : Case Study, 119(12), 15199–15220.

Sukato, N. (2014). The Implementation of Market Orientation and Innovation in SMEs, 4(5), 614–625. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v4-i5/887

Sulistyawati, A. I., & Semarang, U. (n.d.). MODEL KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM, (Senima 3), 351–359.

Vázquez, R., Santos, M. L., & Álvarez, L. I. (2001). Market orientation , innovation and competitive strategies in industrial rms, 90, 69–90. https://doi.org/10.1080/09652540010011493

WANJIRU .H. KIMANI. (2016). MARKET ORIENTATION AND BUSINESS PERFOMANCE IN KENYAN SME’S.

Wijetunge, W. A. D. S. (2016a). Service Quality , Competitive Advantage and Business Performance in Service Providing SMEs in Sri Lanka, 6(7), 720–728.

Yuniari, W., Nyoman, N., Yasa, K., & Giantari, I. G. A. K. (2018). THE ROLE OF COMPETITIVE ADVANTAGE IN MEDIATING THE INFLUENCE OF MARKET ORIENTATION ON INTERNATIONALIZATION AND MARKETING PERFORMANCE : A STUDY ON SILVER CRAFT SMES IN CELUK VILLAGE , BALI PROVINCE, 6(10), 55–71.




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i1.1856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats