RANCANG BANGUN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA KOTA CIREBON MENGGUNAKAN ADOBE FLASH (Studi Kasus : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cirebon)

Panji Novantara, M.T., Cecep Juliansyah Abbas, M.Kom.

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, kebutuhan informasi yang aktual, menarik dan
interaktif menjadi suatu tuntutan. Demikian pula dengan promosi pariwisata untuk para wisatawan lokal
nasional maupun internasional yang tentu saja membutuhkan berlembar-lembar teks, color print out,
gambar-gambar, foto-foto, kaset audio maupun setumpuk kaset video.
Dalam rangka lebih dapat mempromosikan pariwisata yang dapat diterima oleh para wisatawan, maka
dalam penyampaian informasipun kita perlu menggunakan aplikasi teknologi informasi tepat guna yang
sesuai kebutuhan dan tuntutan jaman, yaitu informasi wisata yang dikemas dalam bentuk Multimedia.
Tujuan penelitian ini adalah Rancang Bangun Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Media Promosi
Pariwisata Kota Cirebon Menggunakan Adobe Flash sebagai alternative media penyampaian yang
mudah dipahami oleh para wisatawan dengan konsep entertainment. Dipilihnya media CD Interaktif
ini, menjawab semua kesulitan dalam penyampaian informasi. Media ini dapat menggabungkan teks,
gambar, foto, audio maupun video dengan kemasan yang interaktif.
Keywords : Informasi Pariwisata, Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Media Promosi.

Full Text:

PDF

References


Andi, 2004. Panduan Aplikasi Menguasai

Macromedia Flash MX 2004.Andi

Offset:Yogyakarta.

Dhani, Y.2003. Panduan Lengkap Macromedia

Flash MX. Andi Offset:Yogyakarta.

Hakim, Lukmanul dan Mutmainah, Siti.2003.

Teknik Jitu Menguasai Flash MX. PT.Elek

Media Komputindo:Jakarta.

Jugiyanto, HM. 2003 .sistem teknologi

informasi . Yogyakarta : ANDI.

Rio, A, 2006. Tutorial Macromedia Flash

Workshop One Day Flash Animation. Andi

Offset:Yogyakarta.

Roger S. Pressman, Ph.D, Rekayasa Perangkat

Lunak Pendekatan Praktisi, Andi Yogyakarta,

Suyanto, M.2004. Analisis & Desain Aplikasi

Multimedia untuk Pemasaran.Andi

Offset:Yogyakarta.

Suyanto, M.2003.Multimedia Alat untuk

Meningkatkan Keunggulan Bersaing.Andi

Offset:Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.25134/jejaring.v1i1.265

DOI (PDF): https://doi.org/10.25134/jejaring.v1i1.265.g204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika)
p-ISSN 2527-3930 , e-ISSN 2614-5448

Organized by:
Program Studi Manajemen Informatika DIII
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan

Address: Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513
Website: http://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring
E-mail: [email protected]


Lisensi Creative Commons
JEJARING is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.