Editorial Policies

Focus and Scope

Secara umum, PEDAGOGI menerbitkan artikel tentang penelitian yang berkaitan dengan pendidikan dasar. Lingkup secara rinci adalah sebagai berikut.

1. Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar

2. Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

3. Manajemen Pembelajaran dan/atau Pendidikan di Sekolah Dasar

4. Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Dasar

5. Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar

6. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Literature Review (Not Relevant with Our Focus & Scope)

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Author yang mengirimkan naskah mereka ke PEDAGOGI akan ditinjau tidak lebih dari 2 minggu. Author tidak mengetahui identitas Reviewer dan begitu pula Reviewer tidak mengetahui identitas Author. Kebijakan peninjauan double blind review ini untuk menjaga bahwa proses peninjauannya objektif. Author wajib merevisi naskahnya terhitung 30 hari sejak mendapatkan notifikasi revisi dari Reviewer.

Naskah yang di-submit akan dikelola oleh Managing Editor dan Associate Editor, yang akan dikirim sedikitnya ke satu Reviewer jika naskah ini baik untuk di-review. Author harus terlebih dahulu berkomitmen untuk mengirimkan hanya ke PEDAGOGI.

Editor dan Reviewer harus memastikan bahwa naskah yang diserahkan ke PEDAGOGI adalah asli dan hasil tes plagiarisme Turnitin di bawah 25%. Editor memiliki tanggung jawab penuh untuk menerima atau menolak naskah.

Managing Editor menghargai bahwa Associate Editor, masing-masing dari mereka, hanya akan meninjau naskah yang relevan dengan bidang keahlian mereka, memiliki waktu yang cukup untuk meninjau, dan menghindari konflik kepentingan.

Reviewer diminta untuk mengomentari naskah Author, tetapi tidak untuk mengeditnya. Setelah itu, reviewer memberikan keputusan berikut:

Accept without Revision

Accept with Revision

Resubmit

Reject

Keputusan ini harus didasarkan pada kelebihan dan kekurangan naskah yang sedang ditinjau.

Catatan: Author yang menyerahkan naskah mereka ke PEDAGOGI tidak boleh menyerahkan naskahnya ke media lain sekaligus. Naskah yang dapat diproses lebih lanjut harus memiliki tingkat plagiarisme Turnitin kurang dari 25%. Untuk kenyamanan menulis referensi, penulis dapat menggunakan aplikasi Mendeley.

 

Publication Frequency

Mei & November

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.