UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN KELAS BERBASIS STANDAR KOMPETENSI MELALUI KEGIATAN KKG DI SDN I PADAREK KABUPATEN KUNINGAN

Lilis Susilawati

Abstract


Berdasarkan pada Peratuan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 64 ayat (1) dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas. Selanjutnya pada ayat (2) dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk (a) menilai pencapaian kompetensi peserta didik, (b) bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan (c) memperbaiki proses pembelajaran. Dalam melaksanakan penilaian kelas berbasis standar kompetensi inilah kemampuan guru-guru pada SDN I Padarek UPTD Pendidikan Sekolah Dasar Kecamatan Kuningan hasil observasi peneliti menunjukkan masih rendah (50%) guru yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan penilaian kelas berbasis Standar kompetensi.

Permasalahan yang dapat diangkat melalui penelitian ini adalah : Apakah melalui kegiatan KKG dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian kelas berbasis kompetensi , sedangkan tujuan penelitian yang ingin diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, serta ketrampilan guru-guru dalam melaksanakan penilaian kelas berbasis Standar kompetensi pada SDN I Padarek UPTD Pendidikan Sekolah Dasar Kecamatan Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan ( action research ) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan revisi. Sasaran penelitian adalah guru-guru pada SDN I Padarek UPTD Pendidikan Sekolah Dasar Kecamatan Kuningan. Data yang diperoleh berupa hasil pengamatan, lembar observasi, dan instrument penilaian.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian kelas berbasis Standar kompetensi mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, Pra siklus ( 50%), siklus I (62%), Siklus II (86%) dan siklus III (94%).

Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan KKG secara efektif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian kelas berbasis Standar Kompetensi di SDN I Padarek pada Gugus Patimura UPTD Pendidikan Sekolah Dasar Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan.

Kata Kunci : kemampuan guru, penilaian kelas berbasis Standar Kompetensi, KKG



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, 1989, Penilaian Program Pendidkan, Jakarta, Proyek

Pengembangan LPTK, Dirjen Depdikbud.

Depdikbud, 1997, Alat Penilaian Kemampuan Guru, Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis, Jakarta, Proyek Peningkatan Mutu Guru SD setara D II.

Depdikbud, 1997, Pedoman Pengelolaan Gugus Serkolah.

Depdikbud, 1997, Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar.

Depdikbud, 1997, Standar Penilaian Pendidikan.

Hariwung, A J, 1981, Supervisi Pendidikan, Jakarta, Depdikbud.

Lembaran Negara Republik Indonesia nomor 78 tahun 2003, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Lembaran Negara Republik Indonesia nomor 41 tahun 2005, Peraturan Pemerinrintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidian.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter