PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA METODE DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KADUGEDE III

Neni Triani

Abstract


Adapun tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada Metode Discovery Learning dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep pengukuran volume kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri Kadugede III semester I tahun pelajaran 2012/2013 setelah melalui Metode Discovery Learning. Prosedur peneilitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus ke II dan siklus III sedangkan data yang berupa angka (kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus 1 dan nilai tes siklus II dan tes siklus III kemudian direfleksi. Hasil penelitian melalui menghitung volume kubus dan balok melalui pembelajaran yang Berorientasi pada Metode Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kadugede III Tahun Pelajaran 2012/2013 meningkat.
Kata Kunci : upaya meningkatkan, pemahaman konsep, pengukuran volume kubus dan balok, metode discovery learning

Full Text:

PDF

References


Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Gulo, W., (2005), Strategi Belajar Mengajar, Grasindo, Jakarta.

Arikunto, S., (2003), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Kertiasa S., E, (2008), Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Medan. Basrowi dan Sukidin 2002, Metode Penelitian Kualitatif Prespektif Mikro. Surabaya. Insan Cendika.

Masykur, M., dkk., (2008), Mathematical Inteligence Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar, Ar-Ruzz media, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter