PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA METODE DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KADUGEDE III
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada Metode Discovery Learning dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep pengukuran volume kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri Kadugede III semester I tahun pelajaran 2012/2013 setelah melalui Metode Discovery Learning. Prosedur peneilitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus ke II dan siklus III sedangkan data yang berupa angka (kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus 1 dan nilai tes siklus II dan tes siklus III kemudian direfleksi. Hasil penelitian melalui menghitung volume kubus dan balok melalui pembelajaran yang Berorientasi pada Metode Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kadugede III Tahun Pelajaran 2012/2013 meningkat.Kata Kunci : upaya meningkatkan, pemahaman konsep, pengukuran volume kubus dan balok, metode discovery learning
References
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Gulo, W., (2005), Strategi Belajar Mengajar, Grasindo, Jakarta.
Arikunto, S., (2003), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta
Kertiasa S., E, (2008), Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Medan. Basrowi dan Sukidin 2002, Metode Penelitian Kualitatif Prespektif Mikro. Surabaya. Insan Cendika.
Masykur, M., dkk., (2008), Mathematical Inteligence Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar, Ar-Ruzz media, Yogyakarta.
Published
2016-11-27
Section
Articles
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.