Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai upaya meningkatkan hasil Pembelajaranpembelajaran siswa tentang konsep penggunaan uangpada mata pelajaran IPS kelas III SDN 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan”.

Euis Juansah

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasis belajar siswa, Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar IPS pada konsep penggunaan uang dalam pembelajaran dengan menggunakan penerapan pendekatan CTL  pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2015/2016.Bentuk penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun 2016 pada pelajaran IPS dengan jumlah populasi siswa sebanyak 26 orang.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) pengamatan tindakan; dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata 59,23 dari pra siklus,  63,08pada siklus 1 pertemuan 1, 68,08 pada siklus 1 pertemuan 2 dan  80,00 pada siklus 2 pertemuan 1, 84,61 pada siklus 2 pertemuan 2. Sementara dari prosesntasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 46,15% pada pertemuan 1 Siklus I, menjadi 65,38% pada pertemuan 2 Siklus 1, Menjadi 84,62% pada petemuan 1 Siklus II dan menjadi 96,15% pada pertemuan 2. Dari data hasil diatas maka nilai dan ketuntasan selalu mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Sehingga dapat disimpukan sebagai berikut : Dengan penerapan CTL  dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Tahun pelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci :Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)


Full Text:

PDF

References


Kurikulum (2006 )StandarKompetensidanKompetensiDasar KTSP SD

Hera lestariMikarsa ,dkk (2007) Pendidikananak di SD tentangteori-teori

belajarJakarta:Universitas Terbuka

Internet geogle

MulyaSumantri,dkk ( 2007 ) ,PerkembanganPesertadidik Jakarta :Universitas Terbuka

Depdikbud.1994.Kurikulum pendidikan Dasar .GBPP IPS .Jakarta

Doantara Yasa.Pendekatan Kontextual atau Contextual Teaching and Learning (CTL)

Sunarso 1999.IPS.III.Jakarta Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

Wida Widianti dan Ratih Hurriyati .IPS bse Kelas.III Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas.

Tim Bina Karya Guru 2007.IPS 3 Jakarta Penerbit.Erlangga

Tim Bina Karya Guru 2007.IPS Terpadu 3.Jakarta.Penerbit. Erlangga

Suciati,dkk (2007 ).BelajardanPembelajaran 2Jakarta :Universitas Terbuka

UU RI No. 20 ,2003.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DPR RI

Wardani,I.G.W.K,dkk ( 2006 ).PenelitianTindakanKelas.Jakarta : Universitas Terbuka

Winkel,( 2005 ). PsikologiPengajaran .Yogyakarta : Media Abadi




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i2.1590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.