PENGGUNAAN METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI WIDARASARI
Abstract
Latar belakang peneltian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pda mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III sD Widarasari. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian Hasil tes evaluasi siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 68,5, prosentase ketuntasan sebesar 30%, sedangkan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 69,0 dan prosentase ketuntasan sebesar 60%. Hasil penelitian pada siklus II pertemuan 1, diperoleh rata-rata kelas sebesar 76,5 dengan prosentase ketuntasan sebesar 70%, siklus II pertemuan 2 diperoleh rata-rata kelas sebesar 85,5 dengan prosentase ketuntasan sebesar 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode role play dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Widarasari. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata hasil belajar meningkat
Kata Kunci; Metode Role Playing, Prestasi Belajar
References
Akhmad, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 1994. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung:
Citradytya
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.