PENGGUNAAN METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI WIDARASARI

  • Lili Yuliawati SDN Widarasari

Abstract

Latar belakang peneltian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, tujuan penelitian adalah  untuk mendeskripsikan penggunaan metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pda mata pelajaran Bahasa Indonesia  siswa kelas III sD Widarasari. Metodologi penelitian menggunakan  Penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian  Hasil tes evaluasi siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 68,5, prosentase ketuntasan sebesar 30%, sedangkan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 69,0 dan prosentase ketuntasan sebesar 60%.  Hasil penelitian  pada siklus II pertemuan 1, diperoleh  rata-rata kelas sebesar  76,5   dengan   prosentase   ketuntasan   sebesar  70%,  siklus  II  pertemuan  2  diperoleh rata-rata kelas sebesar 85,5 dengan prosentase ketuntasan sebesar 86,5%.  Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode role play dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Widarasari. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata hasil belajar meningkat

 

Kata Kunci; Metode Role Playing, Prestasi Belajar

References

Akhmad, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 1994. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung:

Citradytya

Published
2018-12-31
Section
Articles