UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VI B SD NEGERI PAJAMBON
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas VI B SD Negeri Pajambon melalui penerapan metode pemecahan masalah (problem solving). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B SD Negeri Pajambon Kabupaten Kuningan pada mata pelajaran Matematika. Jumlah siswa sebanyak 22 orang, terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan tindakan; dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rata-rata kelas sebesar 54,76 pada pertemuan 1 Siklus I, menjadi 66,19 pada pertemuan 2 Siklus I, menjadi 73,8 pada pertemuan 1 Siklus II dan menjadi 83,33 pada pertemuan 2 siklus II. Sementara dari persentase ketuntasan terjadi peningkatan dari 9,52% pada pertemuan 1 Siklus I, menjadi 19,04% pada pertemuan 2 Siklus 1, menjadi 33,33% pada pertemuan 1 Siklus II dan menjadi 85,71% pada pertemuan 2 Siklus II. Dari hasil tersebut maka dapat dillihat bahwa nilai dan persentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas VI B SD Negeri Pajambon.
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving), Matematika
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian tindakan kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2003). Prosedur penelitian. Jakarta: Bina Aksara.
BSNP. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran IPS SD. Jakarta: BSNP.
Conny Semiawan, dkk. (1985). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp). Jakarta: PB Dharma Bakti.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminta. (1978). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Slavin, Robert E. (2008). Cooperative learning, teori, riset dan praktik. Terjemahan Nurulita. Bandung: Nusa Media.
Suhartato, dkk. (1994). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Aksara.
Sukidin. (2003). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Surdiman, A. M. (1992). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardani, I. G. A. K. dkk. (2007). Penelitian tindakan kelas Modul IDIK 4008. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.