PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 1 KARANGMANGU

Ida Kurnia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN Karangmangu Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Mangu dan upaya untuk mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Karangmangu tahun 2018 berjumlah 23 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi untuk mengetahui hasil belajar siswa dan metode tes untuk mengetahui tingkat kemampuan keberhasilan dalam proses pembelajaran Matematika. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskrptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN Karangmangu dari siklus I sebesar 65 % dengan kategori sangat baik (SB) menjadi 87% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Penelitian ini dapat dikatakan telah berhasil pada siklus II karena memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu presentase rata-rata hasil Belajar siswa telah mencapai kriteria sangat baik .mencapai rentang 80% -100%.
Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Afifudin, dkk. (1988). Psikologi pendidikan anak usia sekolah dasar. Solo: Harapan Masa.

Andayani, dkk. (2010). Pemantapan kemampuan profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anggoro, Toha. (2002). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chotimah, Husnul. (2007). Model-model pembelajaran untuk PTK. Malang: Yayasan Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Dasna, I. W. (2007). Penelitian tindakan kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Departemen Pendidikan Nasioanal. (2002). Pendekatan kontekstual realisitic mathematics education (RME). Jakarta: Depdiknas.

Hobri. (2007). Penelitian tindakan kelas (ptk) untuk guru dan praktisi. Jember: UPTD Balai Pengembangan Pendidikan BPP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.

Hudoyo, Herman. (1990). Strategi mengajar belajar matematika. Malang: IKIP Malang.

Ibrahim, H. M., dkk. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Johnson, Elani. (2002). Realisitic mathematics education (rme) model paket makanan. Tanpa Kota: MLS.

Moleong. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pasaribu dan Simanjuntak. (1983). Proses belajar mengajar. Tanpa Kota: Tarsito.

Tim Bina Karya Guru. (2008). Terampil berhitung matematika untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Wardhani, I. G. A. K. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Unversitas Terbuka.

https://www.kajianpustaka.com/2017/10/pembelajaran-realistic-mathematics-education.html




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.