PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 1 KARANGMANGU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN Karangmangu Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Mangu dan upaya untuk mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Karangmangu tahun 2018 berjumlah 23 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi untuk mengetahui hasil belajar siswa dan metode tes untuk mengetahui tingkat kemampuan keberhasilan dalam proses pembelajaran Matematika. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskrptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN Karangmangu dari siklus I sebesar 65 % dengan kategori sangat baik (SB) menjadi 87% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Penelitian ini dapat dikatakan telah berhasil pada siklus II karena memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu presentase rata-rata hasil Belajar siswa telah mencapai kriteria sangat baik .mencapai rentang 80% -100%.
Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Referensi
Afifudin, dkk. (1988). Psikologi pendidikan anak usia sekolah dasar. Solo: Harapan Masa.
Andayani, dkk. (2010). Pemantapan kemampuan profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anggoro, Toha. (2002). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chotimah, Husnul. (2007). Model-model pembelajaran untuk PTK. Malang: Yayasan Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Dasna, I. W. (2007). Penelitian tindakan kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Departemen Pendidikan Nasioanal. (2002). Pendekatan kontekstual realisitic mathematics education (RME). Jakarta: Depdiknas.
Hobri. (2007). Penelitian tindakan kelas (ptk) untuk guru dan praktisi. Jember: UPTD Balai Pengembangan Pendidikan BPP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.
Hudoyo, Herman. (1990). Strategi mengajar belajar matematika. Malang: IKIP Malang.
Ibrahim, H. M., dkk. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Johnson, Elani. (2002). Realisitic mathematics education (rme) model paket makanan. Tanpa Kota: MLS.
Moleong. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pasaribu dan Simanjuntak. (1983). Proses belajar mengajar. Tanpa Kota: Tarsito.
Tim Bina Karya Guru. (2008). Terampil berhitung matematika untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.
Wardhani, I. G. A. K. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Unversitas Terbuka.
https://www.kajianpustaka.com/2017/10/pembelajaran-realistic-mathematics-education.html
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.