PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN IPS

Linda Robaniatun, Agus Gunawan, Arrofa Acesta

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran IPS yang masih rendah. Karena masih kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran, yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar (posttest) siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran film dokumenter dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran komik dan perbedaan peningkatan hasil belajar (gain) siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran komik dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran film dokumenter pada pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Pajambon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain non-equivalent group pretestt-posttestt design, yang dilakukan di SD Negeri Pajambon. Dengan sampel yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang dan VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil penelitian dengan pengujian secara statistik menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar (posttest) siswa, maka penggunaan media film dokumenter lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan media komik. Sedangkan hasil perhitungan uji-t (gain) menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa, maka terdapat peningkatan (gain) hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan media komik dan pembelajaran dengan menggunakan media film dokumenter. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: hasil belajar; IPS; media film dokumenter


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Husmiati, R. 2010. Kelebihan dan kelemahan media film sebagai media pembelajaran sejarah, Jurnal Sejarah Lontar, Volume 7 Nomor 2.

Karwati, Euis. 2015. Manajemen kelas (classroom management) guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan belajar siswa, Jurnal KWANGSAN, Volume 1 Nomor 2.

Narayana, P. A. 2017. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI): Film dokumenter tok lait kancing sebuah warisan karakter budaya bangsa, Volume 6 Nomor 1.

Riduwan. (2018). Cara mudah menyusun skripsi dan tugas akhir. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter