PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA HEWAN DAN TUMBUHAN
Abstract
Pengembangan media pembelajaran merupakan serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berdasarkan teori yang ada dan validasi sebuah produk agar layak digunakan untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil desain pengembangkan media scrapbook pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. (2) validasi dari para ahli mengenai pengembangan media scrapbook. (3) praktikalitas media scrapbook. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Model pengembangan yang digunakan model 4-D menurut Thiagaradjan. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu R&D (Research and Development), Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi, dan instrumen penilaian praktikalitas. Kelayakan media diperoleh dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media, sedangkan data praktikalitas diperoleh dari 5 orang guru sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook layak untuk digunakan dengan perolehan skor oleh validator ahli materi sebesar 75 dengan presentase nilai 75% termasuk dalam kategori cukup valid dan untuk validator ahli media memberikan skor 97 dengan presentase nilai 97% termasuk dalam kategori sangat valid. dan untuk praktikalitas diperoleh rata-rata nilai 83,8 dengan presentase nilai 83,8% termasuk dalam kategori sangat praktis.
Kata Kunci: pengembangan; media; scrapbook.References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.
Ariayani, N. O. & Siradjuddin. (2014). Penggunaan media buku tempel dalam model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVb sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1-10.
Ardana, I. K. (2013). Pendidikan ipa di sekolah dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Chrystanti, Y. C. & Sukadi. (2015). Media pembelajaran pengenalan huruf dan angka di taman kanak-kanak tunas. SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(3), 23-29.
Damayanti & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap hasil belajar siswa materi keragaan rumah adat di indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 803-812.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontesktual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indah, V., Pusari, R. W., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media scrapbook Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 258-266.
Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Margareta, T. (2017).Penggunaan Metode R&D untuk meningkatkan minat siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di kelas V SDN Cileunyi 1 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, (8).
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2015). Pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis konteks budaya Banten pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35-49.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a source book. Minnesota : University Of Minnesota.
Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan media scrapbook pada materi pengelompokan hewan untuk siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Sekolah, 2(2), 124-130.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.