PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA HEWAN DAN TUMBUHAN

Norma Azizah, Dian Permana Putri, Setiyani Setiyani

Abstract


Pengembangan media pembelajaran merupakan serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berdasarkan teori yang ada dan validasi sebuah produk agar layak digunakan untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil desain pengembangkan media scrapbook pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. (2) validasi dari para ahli mengenai pengembangan media scrapbook. (3) praktikalitas media scrapbook. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Model pengembangan yang digunakan model 4-D menurut Thiagaradjan. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu R&D (Research and Development), Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi, dan instrumen penilaian praktikalitas. Kelayakan media diperoleh dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media, sedangkan data praktikalitas diperoleh dari 5 orang guru sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook layak untuk digunakan dengan perolehan skor oleh validator ahli materi sebesar 75 dengan presentase nilai 75% termasuk dalam kategori cukup valid dan untuk validator ahli media memberikan skor 97 dengan presentase nilai 97% termasuk dalam kategori sangat valid. dan untuk praktikalitas diperoleh rata-rata nilai 83,8 dengan presentase nilai 83,8% termasuk dalam kategori sangat praktis.                                             

Kata Kunci: pengembangan; media; scrapbook.

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Ariayani, N. O. & Siradjuddin. (2014). Penggunaan media buku tempel dalam model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVb sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1-10.

Ardana, I. K. (2013). Pendidikan ipa di sekolah dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Chrystanti, Y. C. & Sukadi. (2015). Media pembelajaran pengenalan huruf dan angka di taman kanak-kanak tunas. SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(3), 23-29.

Damayanti & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap hasil belajar siswa materi keragaan rumah adat di indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 803-812.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontesktual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indah, V., Pusari, R. W., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media scrapbook Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 258-266.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margareta, T. (2017).Penggunaan Metode R&D untuk meningkatkan minat siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di kelas V SDN Cileunyi 1 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, (8).

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2015). Pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis konteks budaya Banten pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35-49.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a source book. Minnesota : University Of Minnesota.

Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan media scrapbook pada materi pengelompokan hewan untuk siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Sekolah, 2(2), 124-130.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.