IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS TINGGI SDN 14 MUARADUA

Tira Cintia Putri, Muhammad Abduh

Abstract


Beberapa sekolah di kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 saat ini. Kendala-kendala yang ada dapat mengakibatkan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 sulit dilaksanakan. Agar pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dapat tetap berlangsung tanpa  pembelajaran secara daring dan tatap muka, maka pihak sekolah di SDN 14 Muaradua melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan pembelajaran luring jarak jauh. Pihak sekolah menyediakan materi atau tugas yang kemudian dapat diambil oleh siswa di sekolah dengan jadwal pengambilan yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran luring jarak jauh masa pandemi Covid-19 di kelas tinggi SDN 14 Muaradua; 2) Mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran luring jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SDN 14 Muaradua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.. teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi.keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Dari penilitian yang dilakukan didapat hasil berupa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala dari pembelajaran luring jarak jauh. kesimpulan pada penelitian ini: 1) Pada pelaksanaan pembelajaran luring jarak jauh dilakukan perencanaan dengan penerapan rapat komite dan rapat sekolah; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran luring jarak jauh dilakukan dengan siswa mengambil lembar tugas dan lembar materi disekolah sesuai jadwal dengan penerapan protokol kesehatan; 3) pada pembelajaran luring jarak ada evalusi berupa pengisian lembar harian oleh siswa dan tabel komunikasi untuk guru dan orangtua mengkomunikasikan perkembangan siswa; 4) Kendala pembelajaran daring jarak jauh yaitu, kurangnya fasilitas, biaya, tidak mengenal teknologi, dan sulitnya jaringan intenet; 5) Terdapat kendala waktu, komunikasi, fasilitas pada pembelajaran luring jarak jauh.

References


Apriani, Y., Rusdiawan, Asrin, Fahruddin, & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Lombok Tengah, 7(2), 271–277.

Fåhræus, E. R. (2004). Distance Education Students Moving Towards Collaborative Learning - A Field Study of Australian Distance Education Students and Systems Distance education in Australian high schools, 7, 129–140.

Hidayati, Y. M., Kurniawan, F., & Ikhsanudin, M. R. (n.d.). MEDIA DIORAMA DAN SEMPOA (DIOPOA) PADA MATERI PENGOLAHAN DATA Yulia. In he Progressive and Fun Education Seminar The Progressive and Fun Education Seminar penerima (pp. 565–569).

Lubis, A. H., Islam, U., & Banda, N. A. (2021). Online learning during the covid-19 pandemic : How is it implemented in elementary schools ?, 11(February), 120–134. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618

Minsih, Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BASICEDU, 5(3), 1252–1258.

Mirnawati. (2010). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR, 33–46.

Moleong lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin, A., & Fathoni, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VII : (Studi Situs di SMP Terbuka Wonosegoro Kabupaten Boyolali Semester Gasal dengan Rancangan Etnografi Pendidikan) Ahmad, 25(2), 134–145.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73.

Purnami. (2020). Dampak Lain Cara Belajar Tanpa Tatap Muka Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SD, (September), 36–42.

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Sugihan 03 BendosarI, 2(1), 1–8.

Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). mpact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia Ratna. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.

Radino, Kistoro, H. C. A., Munajat, N., Putranta, H., Kesuma, A. T., & Lumaurridlo. (2021). Distance Learning Strategies using Technology for Elementary School Students in Yogyakarta during the Covid-19 Pandemic Distance Learning Strategies Using Technology For Elementary School Students In Yogyakarta During The Covid-19 Pandemic. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(9), 2031–2039.

Rosmaniar. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Luring Di Sekolah Dasar 15 Simalepet Kecamatan Siberut Selatan Dalam Masa Pandemi Covid-19. 1, 4, 34–37.

Salsabila, U. H., Afifah, R., Rahmawati, H., & Inayah4, R. A. (2020). Metodologi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Bendo Kalibawang Unik. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 5(2), 28–36.

Septina, L. D., Nisa, K., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan, 1, 85–89.

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 Pandemic: The Influence Of Full-Online Learning For Elementary School In Rural Areas, 6(2), 114–123. https://doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.8400

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, V(1), 18–27.

Wijayanto, S., Handani, D. F., Wardana, A. E., & Hajron, K. H. (2020). Aktivitas di Sekolah Diliburkan saat Pendemi Covid-19: Bagaimana Pembelajaran yang Dilakukan? Sukma, 4(2), 18–27.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.4792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.