PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 84 SINGKAWANG

Esta Arseni Putri, Putri Mayang Sari, Rien Anitra, Emi Sulistri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh penggunaan model gallery walk terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V materi perubahan wujud benda. Penelitian ini dilakukan di SDN 84 Singkawang. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 84 Singkawang menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (total sampling). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dianalisis menggunakan uji t dengan  yaitu ; (2) Model pembelajaran gallery walk memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar IPA siswa sebesar 0,90 (kriteria tinggi); (3) Aktivitas belajar murid termasuk tinggi atau aktif dengan menerapkan model pembelajaran gallery walk sebesar 85,765%. Sehingga dapat disimpulkan gallery walk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 84 Singkawang.


References


Hamalik, Oemar. (2016). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Kahayun. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Peembelajaran Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan IPS. Universitas Lampung.

Kumala, Nur Farida. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Penerbit Efiide Infografika.

Isti’ana, Nailul dan Mintohari. (2018). Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 6(5), 745-756.

Laura E. etc. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Muamar, M. R., Rahmawati dan Irnawati. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) yang Dipadu Metode Gallery Walk terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X IPA SMA Negeri 1 Bireuen. JESBIO. Vol. VI(1): hal. 17-23.

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosya, Roffa Nurur. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Subtema Hewan dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Melalui Model Kooperatif Tipe Gallery Walk Pada Siswa Kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel: Surabaya.

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenamedia.

Sari, Diani Riska dan Mintohari. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi PAIKEM Metode Gallery Walk. JPGSD, 2(1), 1-5.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohardi, Ahmad. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial Plus. Pontianak: Tanjungpura University Press.

Wahyuni, Sri. (2015). Penggunaan Literasi IPA Dengan Metode Gallery Walk Dalam Materi Alat Indera Peraba Manusia (Kulit) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Semester I MI Miftahul Ulum Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Walisongo Semararangura.

Wisudawati. Asih Widi dan Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.