BUDAYA PAMALI SEBAGAI LANDASAN PEMBELAJARAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus pada Masyarakat Adat Kampung Naga Tasikmalaya)

Nano Nurdiansah

Abstract


ABSTRAK

Pamali adalah merupakan warisan leluhur yang tidak dapat ganggu gugat. Pamali juga dapat diartikan  suatu aturan yang diwariskan oleh leluhur kampung naga yang dijadikan sebagai tuntunan masyarakat adat kampung naga dalam melestarikan kehidupannya bersama alam.dalam perkemabangannya pamali mempunyai nilai- nilai kebudayaan yang tinggi dan menjadikannya sebagai aturan tataran kehidupan masyarakat adat kampung naga. Dalam kaitannya dengan pendidikan budaya pamali dapat dikembangkan menjadi landasan pembelajaran pendidikan lingkungan di sekolah dasar. Dengan demikian, diharapkan guru-guru dapat menjadikan pamali sebagai landasan pembelajaran lingkungan di sekolah masing-masing.

Kata kunci : Pamali, Budaya, Landasan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Akhmad Hafid. Resume Pengantar Pendidikan. FMIPA-MAT-UM

Al Wasilah,Chaedar.A. dkk. (2009). Etnopedagogi landman Prahek Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Departemen kesehatan republik indonesia. 2004. Sistem kesehatan Nasional .

Lab. Perencanaan Lanskap Departemen Arsitektur LanskapFakultas Pertanian – IPB. Ruang Terbuka Hijau (Rth) Wilayah Perkotaan. Makalah Lokakarya Dalam rangkaian acara Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 60

Manik, (2009). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Jambatan

Nurjaya. (2006). Kearifan Lokal Mayarakat Lampung. Lampung: Unla.

Poberson naibaho. Kerusakan ekosistem perairan khususnya terumbu karang akibat alat tangkap ikan yang ilegal (ilegal fishing). Kologi perairan.

Roswidyatmoko Dwihatmojo. Staf Pusat Tata dan Ruang Atlas Badan Informasi Geospasial(BIG).

Soemarwoto, O. (1994). Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: PT Jambatan.

Supardi. K. Dkk. (2010). Potret Professionalisms Guru dalam Membangun Karakter Bangsa. Bandung. Li PI Press.

Suwito, Yuwono Sri. 2008. Pendidikan Ber-basis Budaya Yogyakarta. Makalah, Di-sampaikan dalam Sarasehan Budaya Selasa Wagen di Bangsal Kepatihan, 15 Juli 2008.

Syamsulbeurau. 2007. Landasan Pendidikan.

Vidya Nabial. 2013. Pentingnya daerah resapan air. Kompasiana.

Wagiran. 2012. Pengembangan karakter berbasis kearifan lokal Hamemayu hayuning bawana. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012.

http://epetani.deptan.go.id/blog/pengolahan-lahan-padi-sawah-5344


Refbacks

  • There are currently no refbacks.