PEMANFAATAN WEBSITE PROPROFS BRAIN GAMES UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V SD

Nurjanah Nurjanah, Anisa Nur Paridah, Dalia Susilawati, Ani Nur Aeni

Abstract


ProProfs Brain Games sebagai media alat ukur pemahaman pada materi yang telah dipelajari. Selain itu,  ProProfs Brain Games juga dapat memberikan kesan yang berbeda bagi siswa pada saat mengerjakan soal karena yang disuguhkan bukan hanya soal berbentuk teks tetapi bisa dalam bentuk games yang menarik dan tidak membosankan. Model penelitian yang kami gunakan yaitu model Design and Development (D&D) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan desain dan pengembangan. Pada model Design and Development (D&D) ini kami mendesain, mengembangkan serta mengevaluasi produk yang akan dikembangkan sebagai dasar peninjauan pengembangan produk. Hasil penelitian dan uji coba produk terhadap siswa kelas V SDIT Insan Teladan dan guru mata pelajaran PAI, media tersebut dianggap layak untuk digunakan dalam mengukur pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas V SD. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya persentase penilaian akhir yaitu siswa 81,5%, dan guru PAI 82%. Yang artinya website ProProfs Brain Games sangat baik dan layak untuk digunakan.


References


Aeni, A. N. (2019). Persepsi Guru SD Dan Mahasiswa Calon Guru SD Tentang Kualitas Pendidikan Di Indonesia. ResearchGate, May 2021, 136–157. https://www.researchgate.net/publication/351436485%0AIMPLEMENTASI

Barata, G., Gama, S., Jorge, J., & Gonçalves, D. (2013). Improving participation and learning with gamification. ACM International Conference Proceeding Series, 10–17. https://doi.org/10.1145/2583008.2583010

Candra Rolisca, R. U., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Gunawan, I. (2021). Pembelajaran Menyenangkan dengan Proprofs Brain Game saat Kondisi Darurat Covid-19. NaikPangkat.com. Diakses Diakses pada 17 Februari 2022. Link: https://naikpangkat.com/pembelajaran-menyenangkan-dengan-proprofs-brain-game-saatkondisidaruratcovid19/#:~:text=Proprofs%20Brain%20Game%20merupakan%20aplikasi,mengasah%20kemampuan%20berpikir%20peserta%20didik

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Marisa, F., Akhriza, T. M., Lidya Maukar, A., Wardhani, A. R., Wahyu Iriananda, S., & Andarwati, M. (2018). Terakreditasi SINTA Peringkat 4 Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan. 3(1), 2022.

Pratiwi, V. (1990). Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap.

Rosyid, A. (2021). Rangkuman Materi PAI Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Lengkap Semester 1 dan 2. Diakses pada 17 Februari 2022. Link : https://portalpati.pikiran-rakyat.com/didik/pr-1932653660/rangkuman-materi-pai-kelas-5-sd-mi-kurikulum-2013-edisi-revisi-2017-lengkap-semester-1-dan-2

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.

Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18. http://www.unp.ac.id/sites/default/files/2018-05/pengembangan pembelajaran daring.pdf

Wahyudin, U. dkk. (2006). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press

Wahyuni, M. (2021). Pemanfaatan Media Lagu “A4” untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar PAI Materi Asmaulhusna pada Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(8), 1331–1340. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.219

Wijawa, J. (2018). Pemanfaatan aplikasi daring Proprofs quiz maker untuk mengembangkan kegiatan apersepsi pembelajaran maematika topik trigonometri kelas X IPA SMA Marsudirini Sede Sapientiae Semarang tahun ajaran 2017/2018. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1–143.

Wulan, A. R. (2007). Pengertian Dan Esensi Konsep. Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 1–12. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/34534033/pengertian_asesmen.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1506371598&Signature=owWzr%2FX4u4L9qbWm0yLXpyEQrsk%3D&response-content-disposition=inline%3B filename%3DPENGERTIAN_DAN_ESENSI_KONSE




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.5758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.