Penguatan Literasi Numerasi Berbasis Program Pembiasaan di SD

Agus Juniyanto, Fitri Nur Mahmudah

Abstract


Pentingnya penguatan literasi numerasi sebaagai kunci kemajuan pendidikan, maka penguatan literasi numerasi dipandang perlu untuk dilakukan dengan tepat. Dibutuhkan program pembiasaan literasi numerasi yang tepat dan menjadi habits baik guna mendukung penguatan literasi numerasi. Teknik pengumpulan menggunakan metode wawancara. Teknik anlisis data menggunakan teknik kualitatif dengan pendekatan study kasus. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh creswell yaitu Pengolahan data, Pemaparan, Mengklasifikasikan, Penafsiran, Visualizing. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Program pembiasaan literasi numerasi dapat diterapkan di sekolah berupa pembiasaan membaca, permainan linum, pemenuhan sarana penunjang meliputi pojok baca, poster dan lain-lain. (2) Sosialisasi program literasi numerasi dalam lingkup sekolah dapat dilaksanakan dengan In House Training. Pelatihan dimaksudkan untuk menguatkan kapasitas guru sebagai fasilitator atau pelaksana utama program pembiasanaan literasi numerasi. (3) Faktor pendukung program meliputi Guru yang memiliki antusias menjalankan program, keteribatan dari orang tua siswa, komite sekolah, dan Perpusda sangat mendukung dengan sarana kegiatan literasi numerasi dan mendorong putra/putrinya untuk meningkatkan kompetensi literasi numerasi. (4) Guru sebagai pelaksana utama merupakan sosok penting dalam pembiasaan literasi numerasi yang berperan sebagai motivator, fasilitator, creator, dan innovator. (5) Alat evaluasi sebagai alat ukur keberhasilan program pembiasaan literasi numerasi berupa jurnal harian dalam bentuk diskripsi hasil evaluasi sikap maupun pengetahuan sebagai bahan tindak lanjut program pembiasaan literasi numerasi.

Kata kunci:  Penguatan Literasi Numerasi; Program pembiasaan; Guru




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.