PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SEKOLAH DASAR

saudhia saudhia, Amir Luthfi, Nurmalina Nurmalina

Abstract


Pembelajaran yang bersifat pasif dan tidak memberikan pengalaman langsung kepada siswa menjadi penyebab rendahnya keterampilan proses sains siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran children learning in science terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian kelas IV SD Negeri 020 Ridan Permai dengan 24 siswa di kelas eksperimen dan 24 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur keterampilan proses sains. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan soal evaluasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian terkait keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model children learning in science berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa di  SD Negeri 020 Ridan Permai pada materi gaya dan gerak di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, keterampilan proses sains siswa menunjukkan bahwa di kelas eksperimen lebih tinggi dengan kategori tinggi, sedangkan untuk di kelas kontrol dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model children learning in science memiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.


References


Anisa, T. M., Supardi, K. I., & Sedyawati, S. M. R. (2015). "Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Kimia." Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1398–1408.

Dalifa. (2016). "Upaya Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 5 Kota Bengkulu Menggunakan Pendekatan Berbasis PBL Model SSCS dan Lesson Study." Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 4.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). "Analisis keterampilan proses sains siswa Sekolah Menengah Atas." Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225

Gusdiantini, L., & Aeni, Nurani. (2017). "Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual." Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 651–660.

Hartono, & Mujamil, J. (2015). "Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palembang." Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 1–12.

Intika, T. (2019). "Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Melalui Model CLIS (Children Learning In Science) Kelas IV Negeri 179 Palembang." Primary Education Journal Silampari, 1(1), 30–38.

Ismail, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Ipa.

Komikesari, H. (2016). "Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division." Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15–22.

Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). "Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)." Prisma,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615.

Mahmudah, L. (2017). "Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah." Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047

Ningrat, S. L. A., & Suryanti. (2016). "Pengaruh Model Pembelajaran Clis Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Siswa Kelas V-B SDN Made I/475 Surabaya." Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 14–25.

Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). "Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang." Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Surya, I. G., & Dantes, N. (2019). "Pengaruh Model CLIS terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani." Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(1), 56. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19335

Wardani, D. S. (2021). "Model Pembelajaran IPA SD" - Google Books. In Edutrimedia Indonesia (Issue February).

Widura, I. D. G. S., Tegeh, I. M., & Suwatra, I. W. (2018). "Pengaruh Model Core Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA." Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 258–267. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15390




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.