KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Abstract
Penelitian media video pembelajaran berbasis kearifan lokal dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa, siswa kurang semangat mengikuti proses pembelajaran, siswa cenderung pasif dan bermain sendiri karena metode yang diterapkan oleh guru monoton dan kurang menarik perhatian siswa di SDN 1 Kelutan dan SDN 1 Nglongsor. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar kelas IV, mengetahui pengaruh media video pembelajaran berbasis kearifan lokal, dan untuk mengetahui keefektifan media video pembelajaran berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar kelas IV di SDN 1 Kelutan dan SDN 1 Nglongsor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Sampling yang dipilih adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas IV di SDN 1 Kelutan dan SDN 1 Nglongsor. Perbedaan hasil dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah penerapan media video pembelajaran berbasis kearifan lokal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV sekolah dasar.
References
Adintya, N. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Mozaik Kelas Iv Sdn Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang:Fakultas Ilmu Pendidikan.
Awang, R. E. A. (2016). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang:Fakultas Ilmu Pendidikan.
Febriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. (https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461)
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102. (https://core.ac.uk/download/pdf/267023793.pdf),
Haryani, S., & Sari, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4365-4372, (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1563)
Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE, 3(1), 46-53, (https://www.researchgate.net/publication/338915315_Pengaruh_Penggunaan_Media_Pembelajaran_Audio_Visual_Animasi_Terhadap_Hasil_Belajar_Subtema_Benda_Tunggal_Dan_Campuran).
Parlindungan, D. P., Pakarti Mahardika, G., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-8, (http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit)
Pratiwi, L. (2015). Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Universitas PGRI Semarang, 150–157, (http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/pgsd2015/pgsd2015/paper/view/548)
Rahayu, J. D. E. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smp. Tesis tidak diterbitkan. Jember. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sdn I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6524)
Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.
Theriana, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SD IT Qurrota’ayun Belitang OKU Timur. Scholastica Journal, 2(1), 110–122, (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/scholastica/article/view/3994)
Windyastuti. (2016). Keefektifan Media Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peristiwa Alam Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pretek 01 Kabupaten Batang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang:Fakultas Ilmu Pendidikan.
Zunita, L. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Daring Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Di Kelas 3 Min 2 Lamongan. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya:Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.
Copyright (c) 2022 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.