KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Irma Yuliana Nuranggraini, Ari Metalin Ika puspita, Wahyu Nurmalasari

Abstract


Penelitian media video pembelajaran berbasis kearifan lokal dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa, siswa kurang semangat mengikuti proses pembelajaran, siswa cenderung pasif dan bermain sendiri karena metode yang diterapkan oleh guru  monoton dan kurang menarik perhatian siswa di SDN 1 Kelutan dan SDN 1 Nglongsor. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar kelas IV, mengetahui pengaruh media video pembelajaran berbasis kearifan lokal, dan untuk mengetahui keefektifan media video pembelajaran berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar kelas IV di SDN 1 Kelutan dan SDN 1 Nglongsor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Sampling yang dipilih adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas IV di SDN 1 Kelutan dan SDN 1 Nglongsor. Perbedaan hasil dapat dilihat dari hasil pretest dan  posttest siswa sebelum dan sesudah penerapan media video pembelajaran berbasis kearifan lokal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV sekolah dasar.


References


Adintya, N. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Mozaik Kelas Iv Sdn Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang:Fakultas Ilmu Pendidikan.

Awang, R. E. A. (2016). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang:Fakultas Ilmu Pendidikan.

Febriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. (https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461)

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102. (https://core.ac.uk/download/pdf/267023793.pdf),

Haryani, S., & Sari, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4365-4372, (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1563)

Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE, 3(1), 46-53, (https://www.researchgate.net/publication/338915315_Pengaruh_Penggunaan_Media_Pembelajaran_Audio_Visual_Animasi_Terhadap_Hasil_Belajar_Subtema_Benda_Tunggal_Dan_Campuran).

Parlindungan, D. P., Pakarti Mahardika, G., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-8, (http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit)

Pratiwi, L. (2015). Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Universitas PGRI Semarang, 150–157, (http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/pgsd2015/pgsd2015/paper/view/548)

Rahayu, J. D. E. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smp. Tesis tidak diterbitkan. Jember. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sdn I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6524)

Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.

Theriana, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SD IT Qurrota’ayun Belitang OKU Timur. Scholastica Journal, 2(1), 110–122, (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/scholastica/article/view/3994)

Windyastuti. (2016). Keefektifan Media Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peristiwa Alam Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pretek 01 Kabupaten Batang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang:Fakultas Ilmu Pendidikan.

Zunita, L. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Daring Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Di Kelas 3 Min 2 Lamongan. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya:Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.