MODEL RENCANA PEMBELAJARAN BERBICARA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Dayu Retno Puspita, Nuruddin Nuruddin, Zainal Rafli

Abstract


Rencana pelajaran adalah komponen penting dari pengajaran. Dosen bahasa Inggris harus terampil, kreatif, dan inovatif agar mahasiswa dapat menyerap ilmu pembelajaran bahasa dengan mudah dan efektif. Dalam mengajarkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di kelas, dosen perlu persiapan yang matang dengan merancang rencana pembelajaran sebagai arahan atau roadmap seluruh kegiatan yang dilakukan dosen dan mahasiswa di kelas untuk mencapai kompetensi yang tepat dan efektif sehingga tercipta pengajaran yang menyenangkan dan menarik. Mahasiswa di pendidikan guru sekolah dasar diberikan mata pelajaran bahasa Inggris sebagai bekal yang akan ditawarkan di sekolah dasar untuk membantu kinerja mereka sebagai calon guru sekolah dasar dalam mengajar bahasa Inggris. Kemampuan berbicara adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa yang mengejar gelar sarjana pendidikan guru sekolah dasar untuk menguasai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris lisan. Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan informasi tentang perencanaan pembelajaran berbicara bahasa Inggris berbasis kontekstual. Proses pengembangan model R&D berbicara berbasis kontekstual menggunakan metode penelitian dan pengembangan pendidikan (R&D). beberapa instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi kelas, dan dokumen. Studi ini dapat bermanfaat bagi dosen dan peneliti bahasa Inggris sebagai panduan untuk mengajar berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Makalah tinjauan ini menggali tubuh penelitian tentang istilah masalah keterampilan berbicara bahasa Inggris dalam pendidikan guru sekolah dasar, rencana pelajaran, aspek rencana pelajaran, aktivitas dalam pengajaran berbicara, siklus pengajaran, dan contoh prosedur rencana pelajaran menggunakan pengajaran berbicara. berdasarkan pendekatan kontekstual. Semakin banyak dosen merencanakan, akan semakin baik.


References


Alanazi, Maryumah Hejji. (2019). A Study of the Pre-Service Trainee Teachers Problems in Designing Lesson Plans. Arab World English Journal (AWEJ) Volume 10. Number 1. March 2019 Pp.166 - 182 DOI: https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol10no1.15

Bin-Hady, WRA (2018). A Study on the Challenges of Novice Teachers in Their Practical Teaching Stage. International Journal of Language, Research andEducationalStudies,2(3),333345.http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijlres/article/view/1725/1559

Brewster, J. (2013). The Primary English Teacher's Guide. England: Pearson Education Limited.

British Council. (2008). Module 2 Lesson Plan Components. The United Kingdom’s International Organization for Educational Opportunities and Cultural Relations.

Brown, HD (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy 2nd Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Brown, H. D. (2011). Principle of Language Learning and Teaching (5th ed.) NewYork: Pearson Education.

Burghes, D., & Robinson, D. (2009). Lesson Study Enhancing Mathematics Teaching and Learning. Chester: Bishop Luffa School.

Harmer, J. (2001). How to Teach English: An introduction to the practice of teaching English. Edinburgh Gate: Longman.

Harmer, J. (2007). Practice English Language Teaching 4th Edition. Harlow: Pearson Education UK.

In D. R. Hall & A. Hewings (Eds). Innovation in English language teaching: A reader (pp. 208-228). Oxon: Routledge.

Johnson, B. E. (2002). Contextual teaching and learning: what it is and why it's here to stay. SAGE Publications.

Lewis, C., Perry, R., & Murata, A. (2006). How should research contribute to instructional improvements? The case of lesson study. Educational Researcher,35(3), 3-14.

Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. New York: McGraw Hill.

O'Neill, T., Snow, P., & Peacock, R. (2011). English course for yemen teacher book 4. Reads RGI 4Qs. UK: Garnet Publishing Limited.

Richards, J. C., & Bohlke, D. (2011). Creating effective language lessons. NewYork: Cambridge University Press

Spratt, M., Pulverness, A., & Williams, M. (2005). The TKT course. Cambridge: Cambridge University Press.

Sugianto, Ahmad. (2020). Applying A Lesson Plan for A Digital Classroom: Challenges and Benefit. International Journal of English Education and Linguistics. Vol. 02 No 02, December 2020.

Sutrisno. (2021). Design and Validation of Lesson Plan Development in Materials Technology Courses with an Outcome-Based Education Approach. Proceedings of the 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021) Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 591

Yoshida, M. (1999). Lesson study: An Ethnographic Investigation of School-Based Teacher Development in Japan. (Unpublished Doctoral Dissertation.) University of Chicago, Chicago.

Zhao, Jing. (2018). The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, First Edition.

John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.