IMPLEMENTASI HOTS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ELFATIH

Astria Tristiana Nurhaliza, A . Syachruroji, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi HOTS dalam kegiatan pembelajaran tematik di SD ELFATIH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan guru dalam perencanaan kegiatan pembelajaran HOTS, proses pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS, dan hasil dari kegiatan pembelajaran berbasis HOTS yang dilaksanakan.  Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, dan gambar. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran HOTS yang dilakukan, guru menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dengan penggunaan model-model yang masuk kedalam ranah HOTS, seperti: Problem Based Learning, Cooperatif Learning, Inquiry Learning dan Project Based Learning, yang dilakukan di SD Elfatih terkhusus di kelas IV yang sudah terlihat.

This study aims to determine how hots implementation in thematic learning activities at SD ELFATIH. This study aims to assess teacher planning in the planning of HOTS learning activities, the process of implementing HOTS-based learning, and the results of hots-based learning activities. This study used a Descriptive Method where the data collection used data in the form of words and images. The results of the study show that the HOTS learning activities carried out, the teacher prepares a Learning Implementation Plan by using models that fall into the HOTS realm, such as: Problem Based Learning, Cooperative Learning, Inquiry Learning and Project Based Learning, which are carried out at Elfatih Elementary School, especially in visible class IV.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.