PENGEMBANGAN MEDIA QURMA BOX (QR CODE dalam MAGIC BOX) MELALUI PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS 5 SD

emi kusrini, Wahyu Sukartiningsih, Isti Rokhiyah

Abstract


ABSTRAK

Metode penelitian yang digunakan ialah pengembangan model ADDIE, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas V SDN Kauman 1 Ngoro Jombang sebanyak 20 siswa. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli media dan materi terhadap pengembangan media pembelajaran QURMA BOX (Quick Response Code dalam Magic Box) diperoleh prosentase yang tinggi, sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Uji keefektifan didapatkan prosentase ≥ 85%, sehingga tergolong sangat efektif dalam pembelajaran. Hasil Uji  N-Gain sebesar 0,542, termasuk kriteria Sedang. Hal ini menunjukkan kemampuan media pembelajaran QURMA BOX (Quick Response dalam Magic Box) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa termasuk dalam kriteria “Sedang”. Hasil uji-T didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dan Nilai T hitung diketahui sebesar -18,291 dan nilai t tabel sebesar 2,093. Sehingga dapat diketahui bahwa nilai t hitung (-18,291) < -t tabel (-2.093), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan pengembangan media QURMA BOX (Quick Response di dalam Magic Box).

Kata kunci:  QR Code, Magic Box, Berpikir Kritis

 

 


References


Dewi Sartika, A., & Bahri, S. (2022). Pengembangan Media Magic Box Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri 105359 Sumberjo. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 82–91.

Hamruni. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN. sleman Insan Madani.

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran quantum dan optimalisasi kecerdasan (Cetakan 1). Alfabeta.

Nana Sudjana, A. R. (2011). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya) (10th ed.). Sinar Baru Algensindo,.

PP No. 57 tahun 2021 mengeni Sistem Pendidikan Nasional

Samatoa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. In Jakarta Barat: Indeks (pp. 130–134).

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenadamedia.

Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan pembelajaran: teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.