HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS 2 KECAMATAN CIPAYUNG KOTA DEPOK

  • Shintana Indiana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Cipayung Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Berdasarkan uji normalitas menggunakan SPSS Versi 25 diperoleh nilai 0,2 > 0,05. Uji linieritas diperoleh 0,784 > 0,05, maka dikatakan bahwa data tersebut signifikan atau ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA. Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh data bahwa kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA rxy sebesar 0,376 > 0, 195. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang rendah antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA memberikan kontribusi sebesar 37,6% disebabkan karena peralihan kondisi belajar siswa pasca covid dan tema penelitian ini belum pernah dilakukan.

Kata Kunci:  Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep Dasar IPA

References

Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI Desi. 6(3), 45–53.

Ahmadi, R. (2017). Pengantar Pendidik. Pustaka Media.

Alsaleh, N. J. (2020). Enseñanza de las habilidades del pensamiento crítico: revisión de la literatura. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 21–39. https://eric.ed.gov/?q=benefits+of+critical+thinking&pg=3&id=EJ1239945

Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2017). Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 178. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.1015

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.

Arga, H. S. P., & Rahayu, G. D. S. (2019). Influence of Environment-based Learning Materials to Improve the Eco-literacy of PGSD Students. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 208. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.17521

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125

Astawan, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=GJLcDwAAQBAJ

Bahasa, T. P. K. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Budiman. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 7 E, 10–27.

Christina. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/search/search?query=CONTEXTUAL+&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateToMinute=59&dateToSe

Dr. Busnawir, M. S. P. A. (2018). PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA : TINJAUAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING DAN GAYA BELAJAR. Adab. https://books.google.co.id/books?id=uyGvEAAAQBAJ

Fembriani. (2020). MODEL JIGSAWUNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DANHASIL BELAJAR MATAKULIAH KONSEP DASAR IPA SD. 1, 68.

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 2006, 155–158.

Fitria, D. (2021). Hubungan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Padamateri Suhu Dan Kalor. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 83–90. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.137

Gunawan, I., Suraya, S. N., & Tryanasari, D. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kritis Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Konsep Sains Ii Prodi Pgsd Ikip Pgri Madiun. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 10–40. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.304

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Harisuddin, M. I. (Ed.). (2019). Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. PT. Panca Terra Firma.

Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1770–1775. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2574

Hartini, T. I., & Martin, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Sistematis terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar 2 Materi Listrik Arus Searah pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1101

Ilhamdi, M. L. (2020). PENGARUHMODELPEMBELAJARANINKUIRITERBIMBING TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPASD. 1.

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=NpbUDwAAQBAJ

Julyanti, E. V. A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA LEARNING MODEL OF SNOWBALL THROWING FOR IMPROVING LEARNING RESULTS IN CLASS VIII STUDENTS OF. 5(2), 43–46.

Keeley, P. (2015). Teaching for Conceptual Understanding in Science. In Teaching for Conceptual Understanding in Science. https://doi.org/10.2505/9781938946103

Kurniasih, A. W. (2012). Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 113–124.

Liberna, H. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Pemahaman Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika II, 132–139. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snmpm/article/view/380

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL. Media Sahabat Cendekia.

Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Model intervensi gangguan kesulitan belajar. Ika Maryani. https://books.google.co.id/books?id=8T4oEAAAQBAJ

Masani Romauli Helena Marudut, Ishak. G. Bachtiar, Kadir, V. I. (2020). Jurnal basicedu. 4(3), 577–585.

Muhammad Iqbal Harisuddin, S. T. M. P. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing. https://books.google.co.id/books?id=jaSoDwAAQBAJ

Nawoto, S. P. S. D., & Vidya, A. (2023). Think, Talk, Write: Solusi Tepat Hasil Belajar Siswa Naik Pesat. Ananta Vidya. https://books.google.co.id/books?id=iaG7EAAAQBAJ

Norrizqa, H., & Pendahuluan, I. (2021). Berpikir kritis dalam pembelajaran ipa. 147–154.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nugraha, W. S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Nurani, Y., & Hartati, S. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=HM38DwAAQBAJ

Nurhasanah, S., Arasti, , Susanti, F. D., Rumperiai, M. G., & Hindun, I. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pembelajaran CBL. In E-Journal Pendidikan Fisika (Vol. 7).

Nurjanah, N., & Hartini, T. I. (2022). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8359–8367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3807

Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209

Pius A Partanto dan M Dahlan Al Barry. (2001). Kamus Ilmiah Populer. Arloka.

Prof. Dr. Fahrurrozi, M. P., Prof. Dr. Edwita, M. P., & Dr. Totok Bintoro, M. P. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. UNJ PRESS. https://books.google.co.id/books?id=u-yKEAAAQBAJ

Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(1), 35–40.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. 21. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Saefudin, A. A., Yogyakarta, U. P., Pgri, J., & No, S. (2012). PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA ( PMRI ). 37–48.

Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095

Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=CZZdEAAAQBAJ

Sari, T. P., Dawud, D., & Andajani, K. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 51. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11853

Sartanto, A., & Nugraheni, A. S. (2021). Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Kegiatan Membaca Buku Cerita Bergambar Anak Usia Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 118–124. https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.1842

Septiani, F. A., & Rodiyana, R. (2020). Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Pembelajaran Brainstorming. Prosiding Seminar Nasional …, 80–86. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/296/283

Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. PT Kanisius. https://books.google.co.id/books?id=5vr6DwAAQBAJ

Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sma Negeri 14 Dan 21 Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 225–235. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2149

Sintiawati, R., Sinaga, P., & Karim, S. (2021). Strategi Writing to Learn pada Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 1. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.9857

Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–26.

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Menirukan Pembacaan Pantun Anak. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Supardi. (2020). PERAN BERPIKIR KREATIF DALAM PROSES. 2(3), 248–262.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 4.

Wahyuni, A., Kurniawan, P., Matematika, P., & Pendidikan, F. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. 17(2), 1–8.

Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). Hots (high order thinking skills) dan kaitannya dengan keterampilan generik sains dalam pembelajaran ipa sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK), 227–234. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/11203

Wardani, J. B. K. D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=kxAeEAAAQBAJ

Wijaya, L. T. T., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Penguasaan Konsep Sains Peserta Didik SMP Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 357–361. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1912

Published
2024-05-31
Section
Articles