HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS 2 KECAMATAN CIPAYUNG KOTA DEPOK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Cipayung Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Berdasarkan uji normalitas menggunakan SPSS Versi 25 diperoleh nilai 0,2 > 0,05. Uji linieritas diperoleh 0,784 > 0,05, maka dikatakan bahwa data tersebut signifikan atau ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA. Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh data bahwa kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA rxy sebesar 0,376 > 0, 195. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang rendah antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA memberikan kontribusi sebesar 37,6% disebabkan karena peralihan kondisi belajar siswa pasca covid dan tema penelitian ini belum pernah dilakukan.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep Dasar IPAReferences
Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI Desi. 6(3), 45–53.
Ahmadi, R. (2017). Pengantar Pendidik. Pustaka Media.
Alsaleh, N. J. (2020). Enseñanza de las habilidades del pensamiento crítico: revisión de la literatura. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 21–39. https://eric.ed.gov/?q=benefits+of+critical+thinking&pg=3&id=EJ1239945
Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2017). Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 178. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.1015
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.
Arga, H. S. P., & Rahayu, G. D. S. (2019). Influence of Environment-based Learning Materials to Improve the Eco-literacy of PGSD Students. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 208. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.17521
Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125
Astawan, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=GJLcDwAAQBAJ
Bahasa, T. P. K. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Budiman. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 7 E, 10–27.
Christina. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/search/search?query=CONTEXTUAL+&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateToMinute=59&dateToSe
Dr. Busnawir, M. S. P. A. (2018). PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA : TINJAUAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING DAN GAYA BELAJAR. Adab. https://books.google.co.id/books?id=uyGvEAAAQBAJ
Fembriani. (2020). MODEL JIGSAWUNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DANHASIL BELAJAR MATAKULIAH KONSEP DASAR IPA SD. 1, 68.
Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 2006, 155–158.
Fitria, D. (2021). Hubungan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Padamateri Suhu Dan Kalor. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 83–90. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.137
Gunawan, I., Suraya, S. N., & Tryanasari, D. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kritis Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Konsep Sains Ii Prodi Pgsd Ikip Pgri Madiun. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 10–40. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.304
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325
Harisuddin, M. I. (Ed.). (2019). Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. PT. Panca Terra Firma.
Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1770–1775. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2574
Hartini, T. I., & Martin, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Sistematis terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar 2 Materi Listrik Arus Searah pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1101
Ilhamdi, M. L. (2020). PENGARUHMODELPEMBELAJARANINKUIRITERBIMBING TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPASD. 1.
Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=NpbUDwAAQBAJ
Julyanti, E. V. A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA LEARNING MODEL OF SNOWBALL THROWING FOR IMPROVING LEARNING RESULTS IN CLASS VIII STUDENTS OF. 5(2), 43–46.
Keeley, P. (2015). Teaching for Conceptual Understanding in Science. In Teaching for Conceptual Understanding in Science. https://doi.org/10.2505/9781938946103
Kurniasih, A. W. (2012). Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 113–124.
Liberna, H. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Pemahaman Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika II, 132–139. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snmpm/article/view/380
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL. Media Sahabat Cendekia.
Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Model intervensi gangguan kesulitan belajar. Ika Maryani. https://books.google.co.id/books?id=8T4oEAAAQBAJ
Masani Romauli Helena Marudut, Ishak. G. Bachtiar, Kadir, V. I. (2020). Jurnal basicedu. 4(3), 577–585.
Muhammad Iqbal Harisuddin, S. T. M. P. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing. https://books.google.co.id/books?id=jaSoDwAAQBAJ
Nawoto, S. P. S. D., & Vidya, A. (2023). Think, Talk, Write: Solusi Tepat Hasil Belajar Siswa Naik Pesat. Ananta Vidya. https://books.google.co.id/books?id=iaG7EAAAQBAJ
Norrizqa, H., & Pendahuluan, I. (2021). Berpikir kritis dalam pembelajaran ipa. 147–154.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nugraha, W. S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907
Nurani, Y., & Hartati, S. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=HM38DwAAQBAJ
Nurhasanah, S., Arasti, , Susanti, F. D., Rumperiai, M. G., & Hindun, I. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pembelajaran CBL. In E-Journal Pendidikan Fisika (Vol. 7).
Nurjanah, N., & Hartini, T. I. (2022). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8359–8367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3807
Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209
Pius A Partanto dan M Dahlan Al Barry. (2001). Kamus Ilmiah Populer. Arloka.
Prof. Dr. Fahrurrozi, M. P., Prof. Dr. Edwita, M. P., & Dr. Totok Bintoro, M. P. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. UNJ PRESS. https://books.google.co.id/books?id=u-yKEAAAQBAJ
Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(1), 35–40.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. 21. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Saefudin, A. A., Yogyakarta, U. P., Pgri, J., & No, S. (2012). PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA ( PMRI ). 37–48.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095
Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=CZZdEAAAQBAJ
Sari, T. P., Dawud, D., & Andajani, K. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 51. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11853
Sartanto, A., & Nugraheni, A. S. (2021). Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Kegiatan Membaca Buku Cerita Bergambar Anak Usia Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 118–124. https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.1842
Septiani, F. A., & Rodiyana, R. (2020). Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Pembelajaran Brainstorming. Prosiding Seminar Nasional …, 80–86. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/296/283
Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. PT Kanisius. https://books.google.co.id/books?id=5vr6DwAAQBAJ
Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sma Negeri 14 Dan 21 Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 225–235. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2149
Sintiawati, R., Sinaga, P., & Karim, S. (2021). Strategi Writing to Learn pada Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 1. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.9857
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–26.
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Menirukan Pembacaan Pantun Anak. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Supardi. (2020). PERAN BERPIKIR KREATIF DALAM PROSES. 2(3), 248–262.
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 4.
Wahyuni, A., Kurniawan, P., Matematika, P., & Pendidikan, F. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. 17(2), 1–8.
Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). Hots (high order thinking skills) dan kaitannya dengan keterampilan generik sains dalam pembelajaran ipa sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK), 227–234. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/11203
Wardani, J. B. K. D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=kxAeEAAAQBAJ
Wijaya, L. T. T., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Penguasaan Konsep Sains Peserta Didik SMP Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 357–361. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1912
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.