IMPLEMENTASI PELAJAR PANCASILA NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA DI MI AL WASATIYAH

Muhammad Yusuf Hasan, Miftachudin Miftachudin, Ibnu Aidil Putra

Abstract


Pendampingan dari guru tetap dibutuhkan dalam memperkuat kemandirian siswa dalam menyelesaikan masalah mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi pendidikan karakter mandiri di MI Al Wasatiyah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dan keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis interaktif, yang melibatkan tahap pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program yang diterapkan seperti shalat berjamaah, pelajaran kewirausahaan, dan izin siswa untuk berjualan di dalam kelas di saat jam istirahat atau disaat ada pameran, menjadi langkah konkret dalam menanamkan nilai kemandirian siswa. Pada proses pembelajaran, guru menggunakan strategi penugasan yang mendorong siswa untuk menggunakan sumber belajar secara mandiri membuat kontrak belajar dan mengintegrasikan pendidikan karakter kemandirian ke dalam pembelajaran di kelas. Evaluasi terhadap karakter kemandirian dilakukan melalui observasi terhadap perilaku dan kemampuan siswa dalam menangani masalah dengan menerapkan penilaian autentik di luar proses pembelajaran.

References


Agustin, N. A. Y., Bukhori, I., & ... (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Di Masa Pandemi Di SMP Miftahul Hasanain. Jurnal …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5657

Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & others. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Gema Keadilan, 9(3), 186–198.

Azlina, N., Maharani, A., & Baedowi, M. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 39–52.

Burdam, G. I., Arsyad, R. Bin, Rumauw, H. R., & Trisnawati, N. F. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Masa Pandemic. LIMIT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–38.

Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, A. C., Ramadhan, B., Fadhil, A. A., Fadhil, F., Idris, A. M., Hidayat, M. R., & Yusrin, M. A. D. (2023). Pendidikan Moral dan Etika Mengukir Karakter Unggul dalam Pendidikan. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 3(2), 69–76.

Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373.

Hayati, N., Amaliyah, N., & Kasanova, R. (2023). Menggali Potensi Kreativitas Dan Inovasi: Peran Pendidikan Karakter Di MTS Miftahus Sudur Campor Proppo. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 111–128.

Husna, S. K. I., & Najicha, F. U. (2023). Pancasila dan Hubungannya dengan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 104–112.

Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1–9.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10.

Mega, A. M. M. P., & Madani, F. (2023). Analisisis Assesmen Autentik Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 778–788.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2020). JS. Qualitative data analysis a methods Sourcebook fourth edition. Fourth edi. SAGE Publications.

Moleong, L. (2010). J.(2000) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., Ramadhani, S., & others. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1–8.

Murdiono, M., Fatoni, A., & others. (2024). Peningkatan Kemandirian Anak Panti Asuhan Ulil Abshar Dau Sengkaling Malang melalui Program Kegiatan Mandiri: Pendekatan Pendidikan dan Pembinaan. Journal of Entrepreneurship and Community Innovations (JECI), 2(2), 68–79.

Muttaqin, M. F., & Aviari, B. A. (2022). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD IT INSAN TELADAN MANDIRI CIBITUNG. JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling, 3(1), 25–30.

Muttaqin, M. F., & Hariyadi, S. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis lingkungan masyarakat pada Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 1–7.

Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi, M. (2018). The implementation main values of character education reinforcement in elementary school. Journal of Primary Education, 7(1), 103–112.

Nova, D. D. R., Widiastuti, N., & others. (2019). Pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan naik transportasi umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113–118.

Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472–484.

Nuraeni, Y. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha: Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 38–53.

Nurhamidah, N. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kewirausahaan dalam Kurikulum di SMK Salafiyah Syafi’iyah. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 17–32.

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., Widyasari, C., & others. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.

Salam, F. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka di homeschooling. Proceeding Umsurabaya.

Salirawati, D. (2012). Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2).

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121.

Suja’i, C. A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smp nurul qomar. HASBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 147–170.

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177–193.

Susilawati, E., Sarifudin, S., Muslim, S., & others. (2021). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar Pancasila berbantuan platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155–167.

Widodo, H. (2019). Penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah macanan sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 40–51.

Yuliastutik, W. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Membaca Asma Al-Husna dan Shalat Berjamaah di SMP Ma arif 9 Grogol Sawoo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, IAIN Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i1.9658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.