TRANSFORMASI PPG: LANGKAH STRATEGIS MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI ABAD 21
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kompetensi guru di abad 21. Menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), penelitian ini melibatkan 200 responden, termasuk peserta dan alumni PPG dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan pedagogik, keterampilan teknologi, dan kemampuan komunikasi peserta setelah mengikuti program. Temuan kualitatif melalui wawancara mendalam mengungkap tantangan yang dihadapi, termasuk kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah dan akses terbatas terhadap teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa transformasi PPG yang efektif harus melibatkan penguatan kurikulum, kolaborasi dengan sekolah, dan program pendampingan berkelanjutan. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan dan memperbaiki program PPG untuk memenuhi kebutuhan pendidikan modern. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya transformasi PPG untuk menghasilkan guru yang kompeten dan adaptif terhadap tantangan pendidikan di era global.
Kata kunci: Tranformasi PPG, Kompetensi Guru, Abad 21
References
Afrilia, L. (2019). Analisis Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan di Universitas Negeri Malang. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:210507443
Assyauqi, H. M., & Thohir, M. (2024). Peran Mahasiswa PPG Prajabatan sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Inggris untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:271625655
Damariswara, R., Mukmin, B. A., Permana, E. P., Wiguna, F. A., Imron, I. F., Putri, K. E., & Kurnia, I. (2023). Pelatihan Pembuatan Flyer sebagai Keterampilan Digital Abad ke-21 bagi Mahasiswa PGSD dan Guru SD. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257846612
Ertati, L. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SD NEGERI 36 KINALI. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266938038
Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen kompetensi guru dalam meningkatkan daya saing. Journal of Management Education, 2, 10–19. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:116521531
Hasan, A. (2024). Eksistensi Mahasiswa PPG Prajabatan dalam Membantu Meningkatkan Kualitas Pendidikan IPS SMP Bahrul Maghfiroh Malang melalui Program PPL. Journal of Innovation and Teacher Professionalism. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:272872598
Hotimah, H. (2017). STRATEGI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) UNESA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL PESERTA PPG PASCA SM-3T. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:149111808
Hulu, Y. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266864310
Kamala, I. (2022). Pendampingan Guru dalam Praktik Pembelajaran Berbasis ICT pada Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu). Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:270533398
Keterampilan 4c (Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaborative) Guru Bahasa Indonesia Sma dalam Pembelajaran Abad 21 di Era Industri 4.0. (2023). Jurnal Basicedu. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260907163
Kumisi, R. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KOTA BARAT KOTA GORONTALO.pdf. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:213729610
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:253344443
Lawi, A., Bora, M. A., Permatasari, R. D., Wijaya, I. M. L., Munir, Z. M., Edi, F., & Siregar, S. W. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE PENGAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INTERAKTIF: PELATIHAN UNTUK GURU-GURU DI KOTA BATAM. MINDA BAHARU. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266942036
Mardhatillah, O., & Surjanti, J. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalitas Guru di Indonesia Melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:264399561
Muksar, M., Putra, A. B., Trihutomo, P., Oktaviani, H. I., & Tiarno, D. (2023). Peningkatan Digital Skills dan Produktifitas Guru Pamong PPL Program PPG UM Melalui Pendampingan Sistem Pembelajaran MOOCS Berbasis Hybrid Learning. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:267653665
Muntiaroh. (2011). Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Profesi Guru. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:106761022
Musyaffa, A., Jalal, M., Hasanah, I. A., & Nirwana, I. (2023). INTERNALISASI PENDEKATAN HUMANISTIK CALON GURU MI/SD DI ABAD 21 PADA PERGURUAN TINGGI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:258941178
Nento, S., & Abdullah, A. H. (2022). Analisis Faktor Penghantar Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:253455642
Permana, J., Indriani, R., Fazriyah, N., & Rohimah, S. M. (2022). PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PASUNDAN. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:251827049
Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati, L., & Hidayat, N. A. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260653000
Riyad, M., & Munakib. (2019). MEGUKUR PROFESIONALITAS KINERJA GURU MELALUI PROGRAM PROFESI GURU DALAM JABATAN (PPG-DALJAB). Al-Mubin; Islamic Scientific Journal. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:243119573
Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:245468578
Salsabila, S., & Wahyudin, D. (2024). Peran Program Profesi Guru Pra-Jabatan (PPG Prajab) terhadap Kemampuan Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Pada Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:272385385
Satianingsih, R., Zaman, A. Q., Astutik, E. P., Khabib, S., Rohmah, N. L. N., Hanindita, A. W., … Wardani, W. N. (2024). Persepsi Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen PPG Prajabatan Gelombang II Semester 1. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:272212039
Satianingsih, R., Zaman, A. Q., Astutik, E. P., Khabib, S., Rohmah, N. W., Hanindita, A. W., … Wafiq, A. A. (2024). Persepsi Mahasiswa Program PPG Prajabatan tehadap Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara di Puslatdiksarmil Juanda Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:271690140
Wahyuni, T. S. (2022). Tugas Akhir Metodologi Penelitian Bahasa Indonesia. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:245786250
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.