PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KELAS RENDAH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PELATIHAN BERBASIS LESSON STUDY DI SDN 2 JAPARA KECAMATAN JAPARA KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pelatihan Berbasis Lesson Study dalam meningkatkan kemampuan Guru Kelas pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN 2 Japara Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru kelas V SDN 2 Japara dan bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelatihan berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembalajaran tematik dan mengetahui dampaknya Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Japara tahun 2018. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskrptif Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pelatohan berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran di SDN 2 Japara dari siklus I sebesar 59.13 dengan cukup (C) menjadi 82.17 pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian penelitian ini dapat dikatakan telah berhasil pada siklus II karena memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu presentase rata-rata kemampuan bernalar siswa telah mencapai kriteria sangat baik .mencapai rentang 80%-100%.
Kata kunci: pembelajaran tematik, lesson study
References
Akhmad Sudrajat. (2008). Lesson study untuk meningkatkan proses dan hasil belajar. Diakses dari internet pada tanggal 22 Februari 2018
Depdiknas. (2008). Pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2009). Tematik. Jakarta: Depdiknas.
EM. Zul Fagri & Ratu Aprilia Senja. (Tanpa Tahun). Kamus lengkap bahasa Indonesia. (Tanpa Kota). PT. Difa Publisher.
Faustino Cardoso Gomes. (1995). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Lesson study. Jakarta: Kemdiknas.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Model-model pembelajaran. Jakarta: Kemdiknas.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Robert L, Mathis-John, H .Jackson. (2006). Melatih sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Udin S. Winataputra, dkk. (2005). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.