PENERAPAN TEKNIK MENULIS INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ESAI
Abstrak
Proses pembelajaran menulis esai pada mata pelajaran Bahasa Sunda di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kuningan masih ditemukan beberapa kendala, diantaranya kurangnya kreativitas siswa dalam menuangkan ide ke dalam tulisannya, masih rendahnya pemahaman siswa terhadap teknik menulis sebuah karangan dengan kohesi dan koherensi kalimat serta paragraf yang baik, kurangnya variasi metode yang diberikan guru pada proses pembelajaran, dan ketuntasan materi menulis esai baru mencapai 37,50% dari jumlah 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Sunda materi menulis esai siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Kuningan setelah penerapan teknik menulis induktif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan teknik menulis secara induktif dan proses perbaikan pembelajaran dengan menggunakan dua siklus. Sumber data penelitian ini adalah hasil evaluasi siswa dalam proses perbaikan pembelajaran dalam dua siklus. Respondennya adalah kelas VIII-E SMP Negeri 3 Kuningan yang berjumlah 32 siswa. Temuan dalam penelitian ini didasarkan pada perbandingan nilai hasil evaluasi siswa pada tiap-tiap siklus. Ketuntasan siswa dalam menulis esai dengan menggunakan teknik menulis induktif mengalami kenaikan yang signifikan setelah melakukan dua siklus perbaikan pembelajaran, yaitu menjadi 100% atau 32 orang siswa kelas VIII-E yang telah tuntas dalam pembelajaran.
Kata Kunci: teknik menulis induktif; keterampilan menulis esai; Bahasa Sunda.
Referensi
Arikunto, Suharsmi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Dahar, Wilis. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta. Dikdasmen
Depdikanas.2006. Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum Nasional
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nazir. 2005. Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sudaryat, Yayat. 2005. Murba Basa. Bandung: CV Karya IPTEK.
Sukidin, dkk.2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Cendekia
Sumarsono, Tatang, dkk. 2007. Gapura Basa. Bandung: Geger Sunten
Sumiati, dkk. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Suparno, dkk.2008. Teknik Menulis. Jakarta. Universitas Terbuka
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.