FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SELAMA BDR PADA MASA COVID-19 DI KECAMATAN TANGSE
Abstract
ABSTRACT
During the COVID-19 pandemic, large-scale activities were restricted, including in the world of education, which issued a policy requiring students to study from their homes, including schools in rural areas. During the COVID-19 pandemic, this study was conducted to determine the conditions for implementing learning from home in rural schools. The study was carried out at SMAN 1 Tangse and MAN 6 Pidie in Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh, with the participation of four teachers and 152 class XII students from both schools. The quantitative method is used, with descriptive data analysis and multiple linear regression using the SmartPLS 3 program, to determine the conditions of BDR implementation by examining the influence of perceptions, media, methods, and learning constraints on learning outcomes. Based on the analysis of the data obtained, it can be concluded that the implementation of BDR is categorized as "Good" because the score obtained is greater than 3.40. In addition, there is a significant partial and simultaneous influence of perceptions, media, methods, and learning constraints on learning outcomes with t-count values above 1.96, p-values below 0.05, and f-square values greater than 0.15.
Keywords: Studying From Home; Learning Achievement; Covid-19.
References
Admi1n. (2020). Surat Edaran Gubernur Aceh Tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah. Badan Penanggulangan Bencana Aceh.
Aziz, A. A., Supiana, & Zakiah, Q. Y. (2021). Implementasi Kebijakan Model Online School di Pesantren Modern Pada MasaPandemi. 4(1).
Fathoni, M. R. (2015). Evaluasi Penerapan E-Learning di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Prambanan Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Ed. Ke-2. Universitas Diponegoro.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian (C. S. Rahayu (ed.)). Hidayatul Quran Kuningan.
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pe, 9(2), 7–14.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2021). Konsep Dasar Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunkan SmartPLS. Pascal Books.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.
Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah ( BDR ) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.
Putra, F. M., Rusdi, M., & Basri, H. (2019). Penentuan Tingkat Kerawanan Longsor Menggunakan Sistem Informasi Geografis Berdasarkan Parameter Curah Hujan (Studi Kasus di Kecamatan Tangse). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 4(1), 288–292.
Razief, A. (2020). Implementasi Pembelajaran E-Learning Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Man 2 Sleman Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap , Kemandirian Belajar , dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. 3(2), 15–20.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
Syafrin, & Muslimah. (2021). Problematika Pembelajaran E-Learning di masa Pandemi Covid-19 bagi Santri Pondok Pesantren Al-Hasyimiyyah Kotawaringin Barat. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 10–16.
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.