PEMBELAJARAN LITERASI SEBAGAI DUKUNGAN PSIKOSOSIAL
Abstract
Literasi merupakan kemampuan dasar kehidupan dan konteks memegang peran penting dalam memaknai kehidupan. Kajian ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan literasi dasar sebagai dukungan psikososial pascagempa Cianjur sehingga dapat diperoleh informasi pengalaman baik mahasiswa sebagai relawan dalam melaksanakan aktivitasnya di lapangan. Selain itu, dideskripsikan pula faktor pendukung dan penghambat pembelajaran literasi dasar yang dilaksanakan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan deskriptif-kualitatif. Melalui teknik wawancara, observasi, dan pendampingan kepada mahasiswa relawan gempa Cianjur. Data primer berupa hasil observasi dan wawancara sedangkan data sekunder berupa laporan kegiatan dan studi dokumentasi. Pembelajaran literasi dasar pada siswa terdampak gempa lebih dimaksudkan sebagai trauma healing. Hasil penelitian ini mahasiswa memperoleh pengalaman baik (best practice), yakni dapat kolaborasi dengan dosen dan Polda Jawa Barat. Mahasiswa berbagi peran pada pelaksanaan pembelajaran literasi dasar. Mahasiswa memperoleh pengalaman memandu kegiatan literasi dasar dengan caara bernyanyi, bercerita, berlomba, berjoget, dan bertransformasi mengubah lirik lagu dalam pembuatan yel-yel yang menyemangati siswa. Psikososial yang dilakukan berupa pembelajaran literasi dan numerasi dasar berbentuk permainan sebagai penanganan trauma kepada para siswa SD efektif.
References
Arsyad, M. Z. T. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Reflekktif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pohon Literasi. Jurnal Pena Karakter, 02(02).
Christie, F., & Misson, R. (2012). Literacy and schooling. In Literacy and Schooling.https://doi.org/10.4324/9780203019559
Dewantara, O., & Bachtiar, J. C. U. (2018). Kajian Persepsi Masyarakat terhadap Sekolah Darurat di Kampung Pemulung Kota Makassar. December 2018, J058–J065. https://doi.org/10.32315/ti.7.j058
DitPSD Dikbud. (2016). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dalam Situasi Darurat. 15(2), 1–23.
Elfiky, -Ibrahim. (2011). Terapi Berpikir Positif. Zaman.
Eva, Y., Supyanti, S., & Sriwulan, A. (2022). Gambaran Trauma Psikologi pada Anak Pasca Bencana Gempa Menggunakan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i1.60
Fachrudin, A. D., Widadah, S., & Kusumawati, I. B. (2019). Pre-service mathematics teachers’ knowledge, beliefs, and attitude toward using PISA- based problem in mathematics education. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1), 0–6.https://doi.org/10.1088/17426596/1200/1/012013
Firmansyah, R., Hunaifi, N., & Sugiyono. (2019). Perancangan Sistem Informasi Literasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Just It Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.11-2.341
Halimah, H., & Syaddad, H. N. (2020). Preparing the Preservice Teachers to be the Industrial Revolution Teacher 4.0 Era. 397(Icliqe 2019), 1165–1173.
Hayat, B. (2003). Kemampuan Dasar Hidup: Literasi Membaca, Matematika, dan Sains Anak Indonesia Usia 15 Tahun di Dunia Internasional. Pusat Penilaian Pendidikan.
Hidayah, A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran (The Information Literasi) Tipe The Big 6. Pena, 4, 623–635.
Innayah, I. (2013). Model Pembelajaran Di Sekolah Darurat Korban Bencana Gunung Merapi Di Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Teknodik, 49–60. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.88
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. (2019). Modul Materi Dukungan Psikososial Terpadu : Save The Children. In Kemenpppa.Go.Id (Vol. 4, Issue 1).
Latif, K. (2020). Penerapan Metode Pemulihan Trauma (Trauma Healing) terhadap Anak-Anak Korban Gempa Bumi di Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. In http://repository.iainambon.ac.id/972/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2 020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi. wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/scien ce/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Maryam, S., Al-Mauludi, M. A., Martiadi, M. D., Baskoro, F., Miftahulfalah, A., & Munawar, C. M. (2020). Pembinaan Literasi dan Bahasa Santun Melalui Tujuh Pilar Budaya Cianjur. Pengabdian Masyarakat, 05(01), 13–19. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17/article/view/3245/2598
Maryam, S., & Nursyifa, D. (2022). Partisipasi Mahasiswa sebagai Modal Sosial Berbasis 4C dalam Kegiatan Mewujudkan Desa Sehat, Cerdas, dan Sejahtera (Student Participation as 4C-Based Social Capital in Activities to Realize Healthy, Smart, and Prosperous Villages. Journal of Empowerment, 3(2), 163–174.
Maryam, S., Pamungkas, D., & Suwandi, A. (2013). Literasi Sastra pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastera Indonesia. Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, 3(2), 211–224. http://www.mindamas- journals.com/index.php/atikan/article/view/169
Maryam, Siti, Sukaesih, S., & Nurfajrinningsih, D. (2018). Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Multiliterasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Muatan Lokal, 38–49. http://sister.unsur.ac.id:8000/dokumen/preview/eyJpdiI6IkZ5KzF3QTJ5SGJ UQWxXalwvc2h6TUh3PT0iLCJ2YWx1ZSI6InJQeGN4NUxVWlNUdGNu NGZBTVpkZnNzNXZhbzBxaXk1M
Ningsih, D. N., Mulyanti, S., Maryam, S., & Sanusi, D. (2022). Developing Folklore Learning Media Based on Digital Comics Sasakala Ngaran Cianjur. Proceedings of the Sixth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2022), 120–127.
Raksasewu, K., Susana, S., Mustaiem, mustaiem, I., & Ical. (2016). Guru Berani Teman Tumbuh Teman Belajar.
Reza Imaduddin, R. M. (2019). Post Traumatic Stress Disorder Pada Korban Bencana Post Traumatic Stress Disorder in Disaster Victims. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 178–182. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.141
Rosdiana, L. A., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, 10(2). http://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Saudah, S. (2014). Bahasa Positf Sebagai Sarana Pengembangan Pendidikan Moral Anak. Jurnal Al Ulum, 14(1), 67–84. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/229
Shalahuddin, I., Eriyani, T., Sari, L., Yulianti, M., Fatimah, S. N., Safitrie, M., Agustina, D. S., & Monika, N. Della. (2022). Terapi Pengelolaan Kecemasan dalam Menurunkan Stres pada Korban Pasca Bencana Gempa Bumi. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(2), 229. https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.229-
Siswanto, Muhson, A., Rosidah, & Wibawa, E. A. (2022). The teaching readiness of pre-service teachers from the economics and business education programs. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 676–687. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.50016
Sujudi, A. (2003). Membangun. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 1116/MENKE(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.1016/j.tecto.2012.06.047%0Ahttp://www.geohaz.org/ne ws/images/publications/gesi-report with prologue.pdf%0Ahttp://ec.europa.eu/echo/civil_protection/civil/pdfdocs/eart hquakes_en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gr.2011.06.005%0Ahttp:/
Suryani, Y. (2017). Literasi Mengungkap Mitos dan Mensugesti. ICOLIT, 882– 889.
Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan Dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1562
Syamsuddin, S. (2019). Pemulihan Trauma Anak-Anak Korban Gempa Di Kota Palu Melalui Mendongeng. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 27–33. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i2.33
Thoyibah, Z., Dwidiyanti, M., & Mulianingsih, M. (2019). Gambaran Dampak Kecemasan dan Gejala Psikologis pada Anak Korban Bencana Gempa Bumi di Lombok. Journal of Holistic Nursing and Health Science, 2(1), 31–38.
Trimansyah, B. (2019). Model Pembelajaran Literasi untuk Pembaca Awal. In Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 6, Issue 11).
Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W. A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 173. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641
UNISDR. (2017). Sekolah Aman yang Komprehensif: Kerangka kerja global dalam mendukung Aliansi Global untuk Pengurangan Risiko Bencana dan Ketahanan di Sektor Pendidikan dan Inisiatif Dunia.
Wiedarti, Pangesti, D. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. In Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (i). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yahya, I. M. (2019). Literasi Media Digital Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Pada Siswa Sma Negeri 1 Mayong. Skripsi Universitas Negeri Semarang, 1, 1–66. https://lib.unnes.ac.id/33441/1/1102414047_Optimized.pdf , teaching syllabus. Ministry of Education: Singapor.
Copyright (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.