Pengaruh Penerapan Model RADEC Berbantu Media Interaktif Wordwall Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SD Negeri Sindangagung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak penerapan model RADEC berbantuan media interaktif wordwall terhadap kemampuan bernalar kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Sindangagung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif berdasarkan model Nonequivalent Control Group Design dari model Quasi E xperiment al Design . Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk guru dan siswa serta soal pre-test dan post-test sebanyak 10 soal deskriptif untuk menilai kemampuan bernalar kritis siswa. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas V SD Negeri Sindangagung tahun ajaran 2023-2024 yang berjumlah 61 siswa, dengan sampel 31 siswa dari kelas VA sebagai kelompok kontrol dan 30 siswa dari kelas VB sebagai kelompok eksperimen. Penelitian dan analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) observasi keterlaksanaan pembelajaran pada guru dan siswa terlaksana dengan sangat baik. Dilihat dari hasil rata-rata total pada guru yang memperoleh 94,16 dan keterlaksanaan pembelajaran pada siswa memperoleh 97,83. (2) Pembelajaran dengan model RADEC berbantuan media interaktif wordwall berpengaruh terhadap kemampuan bernalar kritis siswa. Hal ini dilihat dengan diperolehnya hasil Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Ini berarti bantuan bahwa penggunaan model RADEC dengan media interaktif wordwall berpengaruh positif pada kemampuan bernalar kritis siswa kelas V di SD Negeri Sindangagung. Penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki kemampuan bernalar kritis siswa selama proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPAS.
Kata kunci : Model RADEC; Media Wordwall; Bernalar Kritis; IPAS; Sekolah Dasar
Referensi
Amelia, E. dewi, Imran, M. E., & Anisa. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discussion, Explain, and Create) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran IPA SD Inpres Pattallassang. Journal on Education, 6(3), 17890–17901.
Cahyarani, D. R., & Tirtoni, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Radec dalam Membentuk Karakter Bernalar Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Wonomlati. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2795–2809.
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181
Friska Dewi, L. P. A., & Surya Abadi, I. B. G. (2022). Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Hita Karana Dijadikan sebagai Model Pembelajaran IPAS di SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.55993
Hapsari, R., Prasetyo, A. K., & Setiani, K. E. (2023). Implementasi Model Discovery Learning Berbantu Media Wordwall Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pena Edukasi, 10(2), 63–71.
Hopipah, D., Kusnandar, N., Anggraeni, P., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Media Interaktif Animasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran IPA. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 3(1), 8–21. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee
Kemendikbud, B. S. K. dan A. P. K. P. K. R. dan T. R. I. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Khairunnisa. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta didik Kelas IV SDN Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2, 353–361.
Lahisa, A. I. Y., Asih, S. S., & Hilda, E. M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Indonesia Kaya Budaya Melalui Pendekatan CRT Dengan Berbantuan Media Wordwall. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 28–40.
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Metodik Didaktik Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–65.
Maspiroh, I., & Sartono, E. K. E. (2022). Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explan, And Create) Untuk Meningkat Kemampuan Berikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skill) Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metakognisi, 4(2), 82–92. https://doi.org/10.57121/meta.v4i2.43
Nurdin, M., Rosmalah, & Muniyati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education , 2(1), 2762–1436. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjp
Qonita, A. G., & Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Gaya Gravitasi pada Kelas IV SDN Ciracas 10 Pagi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 867. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1445
Sari, A. K. P., & Wati, D. P. (2019). Penerapan Multimedia TAVAGIS Berbasis Prezi dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 369–380. https://doi.org/10.30653/002.201943.185
Sari, N., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran RADEC terhadap Penguasaan Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia pada Siswa Kelas V SD. Junal Ideas Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 9(4), 1257–1266. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i4.1460
Setiawan, T. Y., Destrinelli, & Wulandari, B. A. (2022). Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec di Sekolah Dasar : Systematic Literature Review. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 133–141. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Sugiyana, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Radec Berbantu Wordwall Pada Materi Sistem Gerak. Sindoro Cendikia Pendidikan, 1(8), 101–112.
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2767
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.