UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI SEKOLAH DASAR

  • Esty Nuryaningsih Universitas PGRI Yogyakarta
  • Henry Aditia Rigianti Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yakni membantu proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran group investigation pada pembelajaran pancasila. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun subjek penelitiannya ialah siswa kelas IV SD Negeri Rejodadi, dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan angket kemampuan berpikir kritis. Proses analisis data menggunakan deskriptis kuantitatif dan deskriptid kualitatif. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I dan II. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan skor hasil siklus I dan II yang awalnya 65,71% kemudian naik menjadi 75,67%. Penerapan model group investigation dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari kemampuan berpikir kritis.

kata kunci: berpikir kritis; group investigation; penelitian tindakan kelas

Referensi

Abd Rahman BP, Dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, ilmu Pendidikan, dan unsur-unsur Pendidikan. Al urwatul Wutsqa : kajian Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1

Aunurrahman. 2014. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Danni Prihartanto Y, Dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan teorama phytagoras pada siswa kelas VIIID semester ganjil SMPN 1 Pakusari. Kadikma. Vol. 4, No. 3, hal 141-148

Eny Sulistiani and Masrukan, “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA,” Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang (2016). h.608.

Egok asep sukenda. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Vol 7 Edisi 2

Evi Susanti, Mohammad Taufiq, Muhammad Thamrin Hidayat, Machmudah. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya Melalui Model Jigsaw. Bioedusiana 4 (1)

Fadilah, W., Syafri Ahmad. 2020. Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469-1479

Ina Magdalena, Ahmad Syaiful Haq, and Fadlatul Ramdhan, “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang,” Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains 2, no. 3 (2020): 418–430.

Irwan Gesmi dan Yun Hendri. Buku Ajar Pendidikan Pancasila. (Sidoarjo : Uwais Inspirasi Indonesia, 2018). h.1

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073-082.

Lilis Lismaya. Berpikir Kritis & PBL. (Surabaya: Media Sahabat Cendikia, 2019), h. 8

Medyasari, T.L., Muhtarom., & Sugiyanti. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Aksioma, 8 (1), 2579-7646

M.Hamdani, dkk., 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Procceding Biology Education Conference. Volume 16, No 1. Hal 139-145

Mukarromah, A., & Sartono, E. K.E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada ModelDiscovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 38-47

Naimah Hasanah dan Ade Arga Wahyudi, “Peningkatan Komunikasi Interpersonal siswa melalui model model kooperatif tipe group investigation”, Journal of Education and Applied Natural Sciences. Vol.1(1), 2022, h.8

Nurina Asri Fitriani, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari, “Pentingnya Pembelajaran Pkn Dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021). H.9100.

Novita, Lia Dwi. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui group investigation dalam pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan dasar

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada PembelajaranModel Kreatif Problem Solving. 7(1), 84-93.

Rahardhian, Adhitya. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis dari sudut pandang filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol. 5 No. 2

Rahman. Model Mengajar & Bahan Pembelajaran. (Jatinagor : ALQA, 2020) h.1

Robert E. Slavin, “Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik”, (Bandung: Nusa Media,

, hal. 20

Rakhmawati, T. Y., Rachmadiarti, F., & Budiono, J. D. (2015). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA Adiwiyata dan SMA Non Adiwiyata di Tuban, Pendidikan Siswa, untuk SMA kelas X materi, pada kartika, Novita. Bioedu. 9788-984.

Siddin, Hamzah, Ismail Suardi Wekke. Model Pembelajaran Kognitif Untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. (Indramayu : Adab, 2020), h.16

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group

Widyaningsih, Ririn Oktisa. (2021). Analisis Penggunaan Model pembelajaran Group Investigation pada mata Pelajaran kearsipan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 9. No. 1

Winarno Narmoatmojo. Pendidikan Pancasila ataukah Pendidikan Kewarganegaraan. 2022. (https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2022/03/Diskusi_Pendidikan-Pancasila- AGPPKnI2022.pdf). Diakses Pada tanggal 14 Febuari 2023 Jam 13.00.

Yunisca Nurmalisa, Ana Mentari, and Rohman Rohman, “Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience,” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn 7, no. 1 (2020). h.35.

Diterbitkan
2024-11-30
Bagian
Articles