PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet pada pembeljaran IPS di sekolah dasar. Peneltian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ii menggunakan metode 4D dengan empat langkah yaitu 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) tahap develop (pengambangan) dan 4) tahap dissiminate (penyebaran). Penelitian in dilaksankana di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Cimanggung dengan subjek kelas IV SD yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penilaian angket validasi dari ahli media, materi dan respon peserta didik. Data hasil penelitian kemudian dinalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembnagan produk yaitu media kartu kuartet untuk pembelajaran IPS di SD ada materi keragaman budaya di Indonesia. Hasil validasi ahli media mendapat skor presentasi sebesar 95% dengan kategori “sangat layak. Hasil validasi ahli materi mendapat skor presentasi sebesar 90% dengan kategori “sangat layak”. Dan hasil validasi dari respon peserta didik berdasarkan uji coba lapangan terbatas mendapatkan skor presentase sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Hal itu menunjukan bahwa media kartu kuartet sangat layak digunakan untuk media pembelajran IPS di sekolah dasar karena media tersebbut mudah digunakan oleh siswa, menyenangkan, dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata kunci: media kartu kuartet, pembelajaran IPS
Referensi
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.
Fadillah, M. R., Ninawati, M. (2020). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Pada Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas Vi Sdn Anyelir 1 Depok. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(November), 89–98. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3532.
Giwangsa, S. F. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Maket. Jurnal Lensa Pendas, 2(2), 16–23.
Giwangsa, S. F. & Novianti, P. R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Ucing Sumput Untuk Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran IPS. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 148–154.
Sari, I. P., Sari, S. A., & Rahmayani, R. F. I. (2016). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aaktivitas Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 1–10.
Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1–10.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 486. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26874
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemristekdikti. [Online]Tersedia: https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Widagdo, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Tai Pada Muatan Ips. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 182–189.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.