PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Lutfhi Nurrauf, Ilah Nurlaelah, Ina Setiawati

Abstract


Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada kegiatan pembelajaran diakibatkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga kurang merangsang siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Subang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Untuk memperoleh data, digunakan instrumen berupa tes uraian melalui Pretest dan Postest, serta menggunakan lembar observasi guru. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Subang semester II tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan 60 siswa, yakni sebanyak 31 siswa dari kelas X1 IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 29 siswa dari kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan uji statistik parametrik, menggunakan uji t independen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry training dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini didukung juga dengan hasil n-gain yang menyatakan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0.3 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0.1 (rendah). Maka model pembelajaran inquiry training berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan tersebut dikarenakan pada setiap fase model inquiry training memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis. Kata Kunci : Model inquiry training, keterampilan berpikir kritis siswa

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N.W. et.al (2013). Implementasi

Strategi Pembelajaran Inkuiri

Terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis dan Pemahaman Konsep IPA

Siswa SMP. E-journal Program

Pasca Sarjana Universitas

Pendidikan Ganesha. Singaraja.

http://www.undana.ac.id/jsmallfi

b_top/. (diakses tanggal 13

Maret 2016).

Apriyani Lia, Nurlaelah Ilah dan Setiawati

Ina. (2017). Penerapan Model PBL

Untuk Meningkatkan Keterampilan

Berpikir Kritis Ditinjau Dari

Kemampuan Akademik Siswa Pada

Materi Biologi. [Online]. Jurnal

Quagga vol 9 No.1 Januari 2017,

Tersedia

:https://journal.uniku.ac.id/index.php

/quagga/article/view/509 (diakses

tanggal 1 januari 2017)

Fisher, Alec. (2008). Critical Thinnking:

An Introduction. Berpikir Kritis:

Sebuah Pengantar. Terjemahan

Benyamin Hadinata. Jakarta:

Erlangga.

Joyce, Bruce. et.al. (2009). Models Of

Teaching. Model-model Pengajaran.

Terjemahan Achmad Fawaid dan

Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Meltzer, D.E. 2002. Relation between

Student Problem-Solving

Performance and Representation

Format. American Journal of Physic.

No.5. P.465.

Rosiana. (2015). Pengaruh Model

Pembelajaran Inquiry Training

terhadap Keterampilan Berpikir

Kritis Siswa pada Konsep

Kalor.

repository.uinjkt.ac.id/dspace/bit

stream/123456789/.../ROSIANAFITK.pdf.

(diakses tanggal 14

Agustus 2016)

Septiana, Artika. (2012). Penerapan model

pembelajaran inquiry training

untuk meningkatkan kemampuan

berpikir kritis dan keterampilan

proses sains siswa kelas XI IPA

SMAN 3 Malang.

http://library.um.ac.id/ptk/index.

php?mod=detail&id=54429.

(diakses tanggal 14 Agustus 2016).




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.1250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License