IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rita Fitriani, Endang Surahman, Intan Azzahrah

Abstract


Abstrak

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki siswa sebagaI salah satu modal penting agar berhasil dalam kehidupannya dan mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Pembekalan berpikir kritis dapat dilakukan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desaign posttest only control group design pada konsep ekosistem. Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sedangkan sebaran indikator berpikir kritis dari yang memperoleh skor tertinggi sampai terendah adalah (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) memberikan penjelasan lebih lanjut, (3) mengatur strategi dan taktik, (4) membangun keterampilan dasar, dan (5) membuat inferensi.

Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Proyek


Full Text:

PDF

References


Facione, PA. 2010. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assesment. 1-24.

Farida dan Winarti. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kaunia. Vol.IX (2). pp. 27-33. ISSN 2301-8550

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Jagantara, I Made Wirasana, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pasca Sarjana, 1 (4) Universitas Pendidikan Ganesha.

Puri, Diah Tirta, dkk (2016) penggunaan model problem based learning pada pembeljaran perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk meningkatkan pengetahuan konseptual dan kemampuan berpikir krtis pada kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(5) : UNY.

Westwood, Peter Stuart. What Lecturers Need to Know about Teaching Methods. Victoria: Acer Press, 2008.

Zubaidah, Siti. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Conference Paper.Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics
View Journal Visitor Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License