IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Rita Fitriani Universitas Siliwangi
  • Endang Surahman Universitas Siliwangi
  • Intan Azzahrah Universitas Siliwangi
Keywords: Berpikir Kritis, Pembelajaran, Berbasis Proyek

Abstract

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki siswa sebagaI salah satu modal penting agar berhasil dalam kehidupannya dan mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Pembekalan berpikir kritis dapat dilakukan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desaign posttest only control group design pada konsep ekosistem. Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sedangkan sebaran indikator berpikir kritis dari yang memperoleh skor tertinggi sampai terendah adalah (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) memberikan penjelasan lebih lanjut, (3) mengatur strategi dan taktik, (4) membangun keterampilan dasar, dan (5) membuat inferensi.

Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Proyek

Published
2019-01-04
Section
Articles