IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA KONSEP EKOSISTEM

Rita Fitriani, Endang Surahman, Intan Azzahrah

Sari


Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki siswa sebagaI salah satu modal penting agar berhasil dalam kehidupannya dan mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Pembekalan berpikir kritis dapat dilakukan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membekalkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X melalui pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai bulan Juli 2018 di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya menggunakan metode quasi eksperiment dengan bentuk posttest only control group design pada konsep ekosistem. Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran berbasis proyek mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sedangkan sebaran indikator berpikir kritis dari yang memperoleh skor tertinggi sampai terendah adalah (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) memberikan penjelasan lebih lanjut, (3) mengatur strategi dan taktik, (4) membangun keterampilan dasar, dan (5) membuat inferensi.

Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Proyek


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama.

Facione, PA. 2010. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assesment. 1-24.

Farida dan Winarti. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kaunia. Vol.IX (2). pp. 27-33. ISSN 2301-8550

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Jagantara, I Made Wirasana, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pasca Sarjana, 1 (4) Universitas Pendidikan Ganesha.

Puri, Diah Tirta, dkk (2016) penggunaan model problem based learning pada pembeljaran perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk meningkatkan pengetahuan konseptual dan kemampuan berpikir krtis pada kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(5) : UNY.

Rustaman, N.Y. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common Textbook JICA IMSTEP. Bandung: FPMTP A UPI

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarmi. 2012. Model-model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publisher.

Wena, 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Westwood, Peter Stuart. What Lecturers Need to Know about Teaching Methods. Victoria: Acer Press, 2008.

Zubaidah, Siti. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Conference Paper.Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan 
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online) 
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. 
Telepon :  0232-873696, 0232-878702
Website :  https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga 
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License
QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License