IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU NESTED DENGAN MENGINTEGRASIKAN TOPIK SISTEM EKSRESI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

  • Ade Mira Nuraida Universitas Kuningan
  • Rahma Widiantie Universitas Kuningan
  • Ina Setiawati Universitas Kuningan
Keywords: keterampilan, proses sains, pelajaran IPA, pembelajaran terpadu, nested.

Abstract

Penyusunan pembelajaran terpadu nested yang mengintegrasikan topik sistem eksresi dan keterampilan proses sains penting dilakukan untuk memperbaiki kualitas hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment, dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Kuningan tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran terpadu nested dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model discovery learning. Uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik parametrik menggunakan uji t didapatkan thitung > ttabel, yaitu 20,74 > 2,69, yang berarti terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil posttest keterampilan proses sains siswa didapatkan persentase nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu 85,5 dan untuk kelas kontrol yaitu 70,47. Hasil analisis assesment kinerja KPS didapatkan nilai rata-rata adalah 74,4 dengan kategori baik. Hasil analisis keterampilan pada pembelajaran nested didapatkan nilai rata-rata adalah 84,4 dengan kategori sangat baik. Sebanyak 94% siswa setuju bahwa pembelajaran terpadu tipe nested dapat membantu siswa dalam melatih keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pembelajaran terpadu tipe nested dengan yang tidak menggunakan pembelajaran terpadu tipe nested.

Kata Kunci : Keterampilan proses sains, Pelajaran IPA, Pembelajaran terpadu nested.

References

Cresswell, J.W. 2017. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekawati, Lidiya. 2010. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Nested Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. [Skripsi] Diakses (Online). Tersedia : http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2523/1/LIDIAYA%20EKAWATI-FITK.pdf Diakses tanggal 20 Februari 2018

Hindriana, A.F. 2014. Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Terintegrasi Struktur Tumbuhan Berbasis Kerangka Instruksional Marzano Untuk Menurunkan Beban Kognitif Mahasiswa. [Disertasi] Diakses (Online) tanggal 30 Maret 2018.

OECD. 2018. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science,Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. Diakses (Online) Tersedia: http://www.oecd.org/publications/pisa-2015-assessment-and-analytical-framework-9789264281820-en.htm tanggal 20 Februari 2018.

Permendikbud RI. 2003. Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. (Online) Tersedia : http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf sisdiknas (diakses tanggal 11 Februari 2018)

Rt.Maharani Kusuma, Wahidin, Ria Yulia Gloria. 2015. Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 5 Kota Cirebon. Scientiae Educatia. Volume 5 Nomor 2 Tahun 2015. (Online) Tersedia: http://eprints.iain.ac.id/9166/1/%20-%2008312241001.pdf diakses tanggal 20 Februari 2018.

Rustaman, Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Setiawati, Ina, & Handayani. 2018. Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Asesmen Autentik Di Laboratorium [online]. Tersedia : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/873/629. Vol. 10 No. 01 2018. (diakses tanggal 20 Februari 2018)

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Published
2019-01-28
Section
Articles