PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Indra Ramayanti, Lilis Lismaya

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan masih rendahnya keterampilan proses sains serta siswa cenderung menerima pelajaran langsung dari guru dibandingkan siswa mencari sendiri. Hal ini dikarenakan guru lebih sering menggunakan pembelajaran secara konvensional dibandingkan dengan model pembelajaran yang bersifat diskusi atau game. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran free inquiry terhadap keterampilan proses sains pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Kadugede. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Kadugede tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen berupa tes uraian dan angket. Hasil uji t p < 0,05 yaitu, 0,000 < signifikan 0,05, hal ini menunjukan H1 diterima, karena probabilitas ( sig ) < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan kemampuan akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, atau adanya pengaruh penerapan model pembelajaran free inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Kadugede.

Kata kunci : Model pembelajaran free inquiry, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri metode dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyati, Ina. 2015.Pengaruh Model INSTAD (Inkuiri dan Kooperatif Tipe STAD) terhadap Keterampilan Proses Sains pada Sub Materi Kingdom Animalia di SMP Negeri 1 Ciwaru. Dalam Quagga Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi. Volume 7 No 1 Januari 2015.

Ginanjar, Rifki Saeful. 2013. Perbandingan Penerapan Model Inkuiri Bebas dengan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Kuningan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Kuningan. (tidak dipublikasikan).

Hermawansyah, Tenten. 2010. Kerampilan Proses Sains. [Online]. Tersedia:http://biopointtenten.blogspot.co.id/2010/08/keterampilan-proses-sains-kps.html. Diakses 21 januari 2016

Junaedi, Edi. 2015. Model Latihan Inkuiri (Inquiry Training Model) Pembelajaran Bermakna yang Melatih Keterampilan-keterampilan Penelitian. Dalam Quagga Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi. Volume 7 No 1 Januari 2015.

Kuhlthau dan Todd. 2007. Guided Inquiry: A Framework for Learning Through School Librariesin 21 st Century School. New Jersey: CISSL. Tersedia [Online]. Tersedia : http://cissl.scils.rutgers.edu/guidedinquiry/introduction-html.htm. Diakses 19 juli 2016

Mundalara, I. Putu. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gianjar Ditinjau Dari Sikap Ilmiah. Dalam artikel jurnal IPA [Online]. Tersedia: http://pasca.undiskha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/download/443/235. Diakses 16 januari 2016

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susanti, Wulan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi.[Online].Tersedia:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24427/1/WULAN%20SUSANTI%20WATERMARK.pdf. Diakses 16 Januari 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License