PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU METODE DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI

Fadlilah Siti Firdauzi, Rahma Widiantie, Handayani Handayani

Abstract


Kemampuan berargumentasi siswa yang belum optimal dikarenakan proses pembelajaran yang dikembangkan lebih banyak menekankan pada pemberian materi dibandingkan memotivasi siswa dalam mengemukakan pendapat yang berkaitan dengan materi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu metode debat terhadap kemampuan berargumentasi pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian menggunakan metod Non-equivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan sampel sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan kemampuan berargumentasi pada kelas yang menerapkan model PBL dipadu metode debat dengan kelas yang menerapkan model PBL tanpa dipadu metode debat. Hasil kemampuan berargumentasi siswa menunjukkan bahwa kemampuan berargumentasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu berada pada level 3 dengan kriteria cukup,sedangkan kelas kontrol berada pada level 2 dengan kriteria kurang. Peningkatan kemampuan argumentasi didukung dengan indeks n-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,43 termasuk kriteria peningkatan sedang dan pada kelas kontrol yaitu 0,20 termasuk kriteria peningkatan rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu metode debat dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Garawangi.

Kata kunci: Kemampuan Berargumentasi, Debat, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Afisha, M. Helen. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa. [Artikel]. Universitas Lampung. Tersedia: download.portalgaruda.org/article.php. Diakses pada tanggal 25 Februari 2018

Arif, Muhammad. 2016. Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat Aktif Siswa Kelas VIII D SMP N 2 Banguntapan Bantul. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. V Nomor 5 Tahun 2016. FKIP Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Diakses pada tanggal 17 Mei 2018

Berland, L. Khun. 2008. Understanding The Composite Practice That Forms When Classrooms Take Up The Practice of Scientific Argumentation. Graduate School of Northwestern University: Disertasi Doktor. Diakses pada tanggal 3 Maret 2018

Erduran, S. et al,. 2004. Tapping into Argumentation: Developments in the Application of Studying Science Discourse. [Online] Science Education, hlm. 1-25. Tersedia: https://www.intersciencewiley.com. Diakses pada tanggal 3 Maret 2018

Mika, Nakano dan ShunichiMaruno. 2013. The Effect Of Debate Training On Argumentation Skills: The Developmental Process For Japanese College Students. Studies for the Learning Society. Volume 3: Issue 1-2: 2013: ISSN 1736-7107. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2018

Nurchabibah. 2011. Keefektifan Metode Debat Aktif Dalam Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas X Sman 1 Kutowinangun. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Pritasari, P.R., Dwiastuti. S., Probosari.R.M. 2016. Peningkatan Kemampuan Argumentasi melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. [Online]. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 8 (1): 1-7 Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/316380967. Diakses pada tanggal 28 Februari 2018

Sari, Andi Nurindah. 2018. Pengaruh Teknik Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Program Sarjana Pendidikan. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar. Diakses tanggal 20 Juni 2018

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabet


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License