Minat Siswa Terhadap Jurusan Biologi Yang Berhubungan Dengan Aktifitas Sains Siswa Di Dalam Ekstrakurikuler Biologi

Elin Herliani, Ilah Nurlaelah, Agus Prianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap jurusan biologi yang berhubungan dengan aktifitas sains siswa di dalam ekstrakurikuler Biologi di Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di sekolah yang memiliki ekstrakurikuler biologi yang berjalan tiap semester yaitu SMA Negeri 1 Luragung dan SMA Negeri 2 Kuningan. Pengambilan data dilakukan pada siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler Biologi dimana siswa yang mengikuti ekstrakurikuler biologi memiliki dasar ketertarikan lebih pada biologi. Teknik pengambilan data yaitu Kuisioner (Angket Best-Wors Scaling Pernyataan positif dan negatif diketahui 7 faktor yang mempengaruhi pemilihan dan penolakan siswa. Observasi (Lembar Observasi) untuk menilai aktifitas sains (praktikum) yang dilakukan oleh siswadikatahui bahwa persetase setiap aspek berkisar antara 76%-91% yang berarti bahwa sebagian siswa hampir seluruhnya siswa dapat melaksanakan praktikum. dan Wawancara (wawancara semi terstruktur) untuk pelengkap data menunjukan bahwa siswa secara umum merasa bersemangat saat mengikuti pelajaran biologi akan tetapi aktifitas sains bukan menjadi faktor utama siswa memilih jurusan biologi. Pengujian hubungan minat dengan aktifitas sains menggunakan Korelasi Produk moment Pearson menunjukan hasil koreasi -0,17 Yang berarti bahwa hubungan tersebut negatif tapi hubungan tersebut sedikit dan tidak berarti.

Kata Kunci : Minat Jurusan, Aktifitas sains, Ekstrakurikuler Biologi


Keywords


Minat Jurusan, Aktifitas sains, Ekstrakurikuler Biologi

Full Text:

PDF

References


Freyer,D. 2014.Interest and ability in educational guidance.The Journal of education Research

Holdstermann.et.al. 2010. Hands-On Activiteis and their Influence on students’ Interest. Departemne of Biologi Education, university Of Gottigen.40.743-757.

Husni,A & Potvin,P.2015.Students Interest in science and Technology and its relationships with teacing method, family contex and self efficacy.International Journal of Environmental science education. 10(3).337-366

James,F.2001.Fostering the history of science in American science education. Science & education.10.569-580.

Mary ainley and john ainley.2011.Student engagment with science in early do lescene:The contribution of enjoyment to student continuing interest in learning about science.Conteporary educational psychology.36.4-12

Palmer T.A,Paul F.B,Aubusson .2017.Why School student choose and reject science: a study of the factor that student consider when selecting subject.International journal of science education.1-15.

Rudolph,J.2008.Historical writing on science education a view of the landscape.Studies in science education.44(1).63-82


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.