ANALISIS TINGKAT KETEPATAN KONSEP BUKU TEKS BIOLOGI BILINGUAL
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Tingkat Ketepatan Konsep Buku Teks Biologi Bilingual SMP Kelas IX menggunakan model penyajian motif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif studi eksploratori. Penelitian menghasilkan konsep memadai yang cukup dominan sebesar 91% dan 2% konsep yang tidak dituntut dalam indikator. Namun masih terdapat kekurangan dalam penyajiannya, yaitu kurangnya atribut kritis pada konsep sebesar 7% meskipun tidak sampai menimbulkan miskonsepsi. Artinya konsep-konsep yang ditemukan di dalam buku teks dikatakan sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh buku teks tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bahan ajar dan berfungsi sebagai buku teks bilingual yang tepat.
Kata kunci : Ketepatan konsep, buku teks, penyajian motif
References
Aminah, S. (2008). Ketepatan konsep pesan moral dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Ariningrum, TR. 2013. Analisis Literasi Ilmiah Buku Teks Pelajaran Biologi SMA. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Haryati. 2008. Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Herlanti, Y. (2014). Tanya jawab seputar penelitian pendidikan sains.
Leatemia, M. (2014). Pengaruh Strategi SQ4R Tipe Bantuan Multimedia vs Buku Teks, Pengetahuan Awal, Gaya Belajar Kolb terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Teknik. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 1(4), 426-436.
Ramli, m. (2012). Analisis substansi pendidikan multikultural sains di buku pelajaran biologi untuk sma. In prosiding seminar biologi (vol. 9, no. 1).
Susilowati, S. M. E. (2012). Analisis Buku Ajar Ipa Biologi Yang Banyak Digunakan Di SMP Negeri Kabupaten Jepara. Journal of Biology Education, 1(2).
Copyright (c) 2019 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.