PENGEMBANGAN METODE APITU2K DALAM MEMECAHKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Jeje Sudarja

Abstract


Abstract: Penelitian dilatarbelakangi belum optimalnya berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah indra penglihatan manusia. Oleh karena itu dikembangkan metode yang dapat memfasilitasi  berkembangnya kemampuan  berpikir kritis. Metode  tersebut adalah APITU2K (Amati, PIkirkan, TUliskan, Komunikasikan, Kritikan). Penelitian bertujuan 1. Untuk menghasilkan bentuk metode APITU2K  dalam memecahkan masalah indra penglihatan manusia. 2. Untuk mengetahui berpikir kritis siswa kelas IX C  SMPN 1 Karangkancana tahun pelajaran 2018/2019 melalui metode APITU2K dalam memecahkan masalah indra penglihatan manusia. Metode penelitian adalah Research and Development.  Pada tahap pemakaian di kelas IX C dengan jumlah 28 siswa menggunakan one group pretest posttest  design. Pengumpulan data pretes dan postes melalui tes berpikir kritis tentang indra penglihatan manusia. Data dianalisis untuk menentukan nilai rata-rata,  ketuntasan, N-gain serta menentukan kriteria. Selain itu melakukan uji wilcoxon sign rank test sebagai uji data berpasangan pada kelompok tunggal untuk mengetahui perbedaan nilai pretes dan postes. Hasil penelitian adalah 1. Dihasilkan  bentuk metode APITU2K dalam memecahkan masalah indra penglihatan manusia. 2. Hasil belajar  berupa  berpikir kritis siswa menunjukkan nilai rata-rata postes 75,31 dengan kriteria baik, ketuntasan 81,48%, dan N-gain sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji wilcoxon sign rank test nilai Z sebesar -3.712 sehingga diputuskan terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretes dan postes.

Kata kunci : metode APITU2K, masalah indra penglihatan manusia, berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W. (2011).Teori Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Erlanggga.

Ennis, Robert. H. (2011). The Narture of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.Part I. Inquiry, 26(1)

Hasan, A.N., Mahardika, K., Yushardi.(2016). Pengembangan Model Pembelajaran TPAC (Think, Pair, Analyze, Comunicate) Untuk Pembelajaran IPA Di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana Universtas Malang (hlm. 100-104). Malang:UM Press.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.(2013).Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam Modul PelatihanImplemetasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

Khairah, D.I.U., Mudakir, I., Wahono, B.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Mangaran. Jurnal Edukasi, 4(3), hlm. 6-9

Rahayu, Y.S. (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Synergetic Teaching (Pengajaran Sinergis) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Luragung. (Skripsi), Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kuningan, Kuningan.

Rasmawan, R.(2017). Profil Keterampilan Kerja Ilmiah Dan Berpikir Kritis Siswa. Edusains, 9(1), hlm. 60-70

Rosdianto, H., Murdani, E., Hendra.(2017). Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), hlm. 55-57

Siregar, I.Y., Susilo, H., Suwono, H. (2017). Pengaruh Think-Pair-Share-Write Berbasis Hybrid Learning Terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 3 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), hlm. 183-193

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Univeritas Pendidikan Indonesia.(2011).Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Pendidikan Dan Pelatihan Profesi (PLPG) Rayon 110 . Bandung : UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.