Profil Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Pada Konsep Bakteri Kelas X MIPA Di Kota Tasikmalaya

Syarif Hidayat, Yulanda Nur Rojabi, Nida Audia Rahmawati

Abstract


Metakognitif adalah suatu tingkatan dalam proses berpikir yang digunakan peserta didik untuk memecahkan suatu permasalahan, memiliki kesadaran terhadap proses berpikirnya dan mengontrol cara berpikirnya. Peserta didik yang menggunakan metagoknitifnya ketika memecahkan suatu permasalahan akan lebih berhasil dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan metakognitifnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan metakognitif peserta didik SMA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran bakteri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan adalah kelas X MIPA 5 di Kota Tasikmalaya sebanyak 40 peserta didik. Partisipasi ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data keterampilan metakognitif dilakukan dengan wawancara. Berdasarkan hasil wawancara peserta didik yang melakukan keterampilan metakognitif pada tahap planning sebesar 43.3%, monitoring sebesar 48.5% dan evaluating sebesar 56.9%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif peserta didik SMA Terpadu di Kota Tasikmalaya pada mata pelajaran biologi sudah berkembang namun belum ditingkatkan.


Keywords


Metakognitif; Problem Based Learning (PBL); Bakteri.

Full Text:

PDF

References


Bahri, A. dan Corebima, A. D. 2015. The Contribution of Learning Motivation and Metacognitive Learning Outcome of Students Within Different Learning Strategies. Journal of Baltic Science Education. 14 (4): 487-500.

Corebima, A. D. 2010. Metacognitive skill measurement integrated in achievement test. In Paper Presented at COSMED, RECSAM. Penang, Malaysia.

Fauzi, A. dan Sadiyah, W. 2019. Students Metacognitive Skills From the Viewpoint of Answering Biological Questions: is it Already Good?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII). 8 (3): 317-327.

Mustofa, R. F., Corebima, A. D., Suarsini, E., Saptasari, M. 2019. The Correlation between Generic Skills and Metacognitive Skills of Biology Education Students in Tasikmalaya Indonesia Through Problem-Based Learning Model. The Journal of Social Sciences Research. 5 (4): 951-956.

Mustaqim, S. B., Abdurrahman., Viyanti. 2013. Belajar melalui Problem Base Learning (PBL). Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (5): 59-68.

Nurman, R., Hala, Y., Bahri, A. 2018. Profil Keterampilan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. 2018, Universitas Negeri Makasar. Hal. 371-376.

Peters, M. 2000. Does Contructivist Epistemology Have a Place in Nurse Education. Journal of Nursing Education. 39 (4): 166-170.

Sumampouw, H. M. 2011. Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Genetika (Artikulasi Konsep dan Verifikasi Empiris). Bioedukasi. 4 (2): 23-39.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., Devi, N. L. P. L. 2019. Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 2 (2): 151-160.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. 10 Desember 2016, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License