Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Nilai Sains Sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI Mata Pembelajaran Biologi Di Tingkat SMA/MA

Nukhbatul Bidayati Haka, Putri Ayu Suryaasih, Bambang Sri Anggoro, Abdul Hamid

Abstract


Abstrak: Pemanfaatan teknologi kurang direalisasikan padahal penggunaan media teknologi seperti multimedia interaktif android dapat menjadikan pembelajaran lebih efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif terintegrasi nilai sains yang dilihat dari segi kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif terintegrasi nilai sains sebagai solusi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian Research and Development (R&D) Borg and Gall dengan 9 tahapan. Subjek riset meliputi tiga ahli validator yaitu ahli media, materi, dan ahli bahasa. Dan peserta didik kelas XI MIPA sebagai sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol (XI MIPA 6) dan kelas eksperimen (XI MIPA 4).  Hasil data penelitian pada kelayakan produk yang terlihat dari persentasi validator yaitu ahli media sebesar 87,10%, ahli materi sebesar 83,00% dan ahli bahasa 83,08% dengan kriteria “Sangat Layak” serta respon peserta didik sebesar 85,33 % yang menunjukkan kriteria “Sangat Menarik”. Efektivitas dari multimedia interaktif dari hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan uji t Independen menghasilkan thitung sebesar 7,95 dan ttabel sebesar 1,70 yang artinya thitung > ttabel dan H1 diterima dan hasil rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,66 dan kelas kontrol sebesar 0,29. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif terintegrasi nilai sains sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran biologi sebagai solusi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dikelas XI MIPA Di SMA Negeri 5 Bandar Lampung.

Kata Kunci: Biologi; Kemampuan berpikir kritis; Multimedia interaktif; Nilai sains.

 

Abstract: Utilization of technology is not realized even though the use of technological media such as android interactive multimedia can make learning more effective and effective. This study was designed to develop interactive multimedia that is integrated with the value of science seen in terms of the feasibility and effectiveness of interactive multimedia integrated with the value of science as a solution to improve students' critical thinking skills. Borg and Gall Research and Development (R&D) Method with 9 stages. The research subjects added three validator experts namely media, materials, and linguists. And students of class XI MIPA as a research sample consisting of two classes, namely the control class (XI MIPA 6) and the experimental class (XI MIPA 4). The results of research data on the feasibility of the product seen from the percentage validator were media experts at 87.10%, material experts at 83.00% and linguists 83.08% with the criteria "Very Eligible" and the response of students at 85.33% which shows the "Very Attractive" criteria. The effectiveness of interactive multimedia from the students' critical ability test results with the Independent t test resulted in tcount of 7.95 and ttable of 1.70 which means tcount> ttable and H1 were received and the average value of the N-Gain value of the research class was 0, 66 and control class 0.29.Based on the results of this study it can be concluded that interactive multimedia integrated with the value of science is very feasible and effective as a medium of learning biology as a solution to improve critical thinking skills of students in the XI MIPA class of students in SMA Negeri 5 Bandar Lampung.

Keyword: Biology; Critical thinking skills; Interactive multimedia; The value of science

Keywords


Biologi; Kemampuan berpikir kritis; Multimedia interaktif; Nilai sains.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Martopan, and Universitas Trunajaya Bontang. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Efektivitas Proses Mengajar Di. Vol. 6, no. 2, pp. 165–75.

Achmad Buchori. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Vol. 6, no. 1, pp. 104–15.

Adi Tri Nugroho, Thomas. (2018). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Siswa Kelas IV.” Tesis.

Adita, Arum, and Teguh Julianto. (2016). Penyusunan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Biologi, pp. 69–73.

Anggoro, Bambang Sri, and Hawanii. Haka, Nukhbatul Bidayati. (2019). Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi The Development of Al- Qur ’ an Hadith Based on Biology Subject for Class X Student High Scholl / MA Level Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Al-Qur ’ an Hadist Pada Mata Pelajaran. Vol. 5, no. 2, 2019, pp. 164–72.

Arfi Setiawan, Mohammad. (2016). Pengaruh Bahan Ajar Multimedia Terhadap Matakuliah Kimia Organik I. no. 2011, pp. 746–51.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Basith, Abdul. (2018). Pengembangan Media Pembelajaaran Interaktif Fluida Statis Dalam Perspektif Al-Quran Menggunakan Macromedia Flash Development Of Static Fluid Interactive Learning Media In The Al-Quran Perspective Using Macromedia. Vol. 01, pp. 217–25.

Hariyadi. (2019). Paradigma Pendidikan Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Herpratiwi, Noni Heriawati. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Management File Microsoft Word Siswa Kelas X SMA Di Kalianda. pp. 1–15.

Indonesia Digital .(2019) . Tinjauan Umum, (On-Line) Tersedia Di : Https://Websindo.Com/Indonesia-Digital-2019-Tinjauan-Umum/.

Manek, Agustinus Hale, et al. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. no. 1, pp. 440–46.

Nukhbatul Bidayati Haka, Suhanda. (2018). “Pengembangan Media Komik Manga Biologi Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas XI Di Tingkat SMA/MA.” Journal Of Biology Education IAIN Kudus.

Oktavian, Riskey, et al (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Vol. 20, no. 2, 2020, pp. 129–35.

Praheto, Biya Ebi, et al. (2017). Peran Multimedia Intraktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di PGSD. pp. 173–77.

Putro Widoyoko, Eko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pusat Belajar, pp. 102–06.

Sari, Liza Yulia, and Diana Susanti. (2016). Uji Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Konstruktivisme Pada Materi Neurulasi Untuk Perkuliahan Perkembangan Hewan. Vol. II, no. 1, pp. 158–64.

Septian, Damar, et al. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol. 2, no. 1, pp. 6–16.

Sri Anggoro, Bambang. (2015). “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 122–23.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. Bandung: ALFABETA.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Yudianto. (2005). Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Mughani Sejahtera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.