Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Biologi Siswa SLTP dan SLTA

  • Komala Sari
  • Yunita Yunita
  • Djohar Maknun
Keywords: Keywords, Meta-analisis, model PjBL, kemampuan berpikir kreatif, effect size, pembelajaran biologi.

Abstract

Abstrak: Berpikir kreatif merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran abad 21, hal ini mengingat semakin pesatnya perkembangan pengetahuan teknologi saat ini. Keterampilan ini dibutuhkan dalam menemukan solusi terhadap suatu permasalahan yang sedang dihadapi, salah satu model yang memiliki potensi untuk melatih proses berpikir kreatif yaitu model pembelajaran Project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh (effect size) penggunaan model PjBL terhadap berpikir kreatif pada pembelajaran biologi (1) secara keseluruhan, (2) berdasarkan jenjang pendidikan, (3) berdasarkan wilayah, dan (4) berdasarkan materi ajarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada jurnal dan skripsi. Berdasarkan temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan dari berbagai penelitian yang dilakukan memiliki pengaruh yang besar dan efektif terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa dengan effect size 0,749. Model PjBL pula memberikan pengaruh dan efektif baik pada jenjang SMP dan SMA dengan kategori efek yang besar. Model pembelajaran PjBL menghasilkan effect size yang bervariasi dari berbagai wilayah, begitupula dari segi materi Biologi, adapun materi Pencemaran Lingkungan memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan dengan materi Biologi lainnya seperti Archaebacteria & Eubacteria, Keanekaragaman Makhluk Hidup, dan Plantae.

 

Abstract: Creative thinking is one of the main components in 21st century learning, given the rapid development of technological knowledge today. These skills are needed in finding solutions to a developing problem. One model that has the potential to train creative thinking processes is the Project-based learning model. This study aims to analyze the large effect (effect size) of using the PjBL model on creative thinking in biology learning (1) in total, (2) by education level, (3) by region, and (4) based on the teaching material. The research method used is descriptive analysis of the results of scientific research publications in journals and theses. Based on the research findings, it was revealed that the whole of the various studies conducted had a large and effective effect on improving students' creative thinking with an effect size of 0.749. The PjBL model also has a good and effective effect on junior and senior high schools with large securities categories. The PjBL learning model produces varying effect sizes from various regions, as well as in terms of Biology material, while Environmental Pollution material provides a greater influence than other Biology materials such as Archaebacteria & Eubacteria, Diversity of Living Things, and Plantae.

References

Anadiroh, M. 2019. Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Skripsi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam UIN Jakarta.

Anggreni, Festited, dst. 2019. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Pillar of Physics Education. 12(4): 881-888.

Asror, H. 2016. Meta-Analisis PBL. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1 Februari 2016, Lampung, Indonesia. Hal. 508-513.

Ashriah, Muis, dst. 2020. Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik yang diajar melalui Model Pembelajaran PjBL dan Model Konvensional Materi Pencemaran Lingkungan. Universitas Negeri

Makassar, hal. 1-6.

Asih, T. 2018. Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik di Kota Metro. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 2(1): 9-17.

Cahyani, Ismail, dst. 2015. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI Harmonisasi Pembelajaran Biologi pada Era Revolusi 4.0, 2015, Makassar, Indonesia. Hal. 667-673.

Kadir. 2017. Meta-Analysis of the Effect of Learning Intervention Toward Mathematical Thinking on Research and Publication of Students. Journal of Education in Muslim Society. 4(2): 162-175.

Luthfi, R, Ismail, dst. 2019. Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Self Regulated Learning Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Makassar, Indonesia. Hal. 1-10.

Meika, I dan Sujana, A. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10(2): 8-13.

Naga, D. 2005. Ukuran Efek Dalam Hasil Penelitian. http//dali.staff.gunadarma.ac.id/Publication/files/399/4861-Aarche.doc, 2015. Diakses tanggal 15 Aguatus 2020.

Nazaro. 2005. Penggunaan Analisa Statistik sebagai Kontrol Mutu Hasil Pengukuran. Jurnal Standardisasi. 7(1): 30-39.

Nurhasanah, Sutrisno, dst. 2017. Pengaruh Problem Based Learning pada Hasil Belajar Fisika: Sebuah Meta-Analisis Artikel Jurnal Online Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6(3): 1-12.

Rizkiyah, F. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam UIN Jakarta.

Susanti. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA. 18(1): 35-42.

Zuhryah, F. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Jurusan Tadris Biologi IAIN Tulungagung.

Published
2021-07-01