Pengaruh Variasi Jenis Pakan Terhadap Kualitas Anakan Ikan Molly Balon Yang Dihasilkan

Eka Septiyana, Yustisia Nur Millenia, Ocvi Nurma Rizky, Atip Nurwahyunani

Abstract


Poelicia latipinna sailfin molly atau lebih dikenal dengan ikan molly balon merupakan salah satu ikan hias air tawar yang ada di Indonesia yang termasuk dalam jenis ikan “livebearer”. Banyak jenis ikan molly yang beredar di pasaran dengan warna hingga bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Suatu usaha budidaya ikan hias kendala yang sering dialami adalah pada masa pembenihan. Faktor yang sering menjadi kendala bagi pembudidaya ikan ialah ketersediaan pakan bagi ikan budidaya secara kualitas dan kuantitas pada stadia larva hingga benih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi jenis pakan dan jenis pakan yang paling optimal baik pakan buatan (pellet) atau alami (cacing sutera) terhadap kualitas anakan ikan molly ballon yang dihasilkan. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2x3 dengan parameter yang diamati ialah kualitas anakan ikan molly balon yang dihasilkan. Analisis data menggunakan One-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi pakan yang berbeda mempengaruhi kualitas anakan ikan molly balon dan jenis pakan yang meberikan hasil yang optimal dalam mempengaruhi kualitas anakan ikan molly balon yang dihasilkan ialah pakan alami (cacing sutra)

Keywords


Kata Kunci : variasi jenis pakan; kualitas anakan; molly ballon

Full Text:

PDF

References


Afrianto, E., dan E. Liviawaty. 2005. Pakan ikan. Kanisius : Yogyakarta. Hal 9-77.

Agus, M., Muhamad, M. T dan Nafi, B. 2010. Pengaruh Perbedaan Jenis Pakan Alami Daphnia, Jentik Nyamuk Dan Cacing Sutera Terhadap Pertumbuhan Ikan Cupang Hias (Betta splendens). Jurnal Penelitian. Fakultas Perikanan Unikal. Diakses pada 19 Oktober 2021.

Akbar, M. F. 2014. Efektivitas Ekstak biji Nimba Azadirachta indica untuk pengobatan parasite Argulus sp. pada Ikan Mas Koki Carassius auratus. Technology and Management of Aquaqulture. 1-26

Jusadi, D., Angraini, R.S dan Supriyadi, M.A. 2015. Kombinasi cacing Tubifex dan pakan buatan pada larva ikan patin. Departemen Budidaya Peraiaran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Juwahir, A., Z.. R. Ya’ala, S. F. Mangitung dan Rusaini. 2016. Prevalensi dan Intensitas Ektoparasit pada Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) di Kabupaten Sigi. Jurnal Agrisains., 17(2): 62-69.

Kumar, et al. 2012. Antiparasitic Efficacy of Piperine Againts Argulus sp. On Carassius auratus: in Vitro and in ViVo Study. Parasitol Res., 111: 2071-2076.

Lastris, T. et al. 2020. Budidaya Cacing Sutera (Tubifex sp) di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Tatelu. Manado.

Mayer, J. et al. 2013. The Use of Lufenuron to treat fish lice Argulus sp. in Koi Cyprinus carpio. Journal Of Exotic Pet Medicine, 22:65-69

Ololade, Z.S., et al. 2014. Total Phenolis Content, Free Radical Inhibition, Antioxidant and Antibacterial Potential of the Medicinal Organic Compounds in the Fruit of Terminalia catappa Linn. Nature and Science, 12(2): 46-50

Prasetya, et al. 2004. Kelayakan Jenis Ektoparasit yang Menyerang Ikan Gurami (Osphrinemus gourami Lac) Tahap Pendederan I dan II Dengan Pemeliharaan Secara Tradisional. Prosiding Seminar Nasional VI, Penyakit Ikan dan Udang. Balai Penelitian Perikanan Air Tawar. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertania: Purwokerto.

Purnama, M.N. 2004. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan di Desa Cibuntu, Ciampea-Bogor. Skripsi, Institut Pertanian Bogor.

Razi, F. 2014. Teknik Budidaya Ikan Black Molly. Penyuluhan Perikanan. Pusat Penyuluhan Kelautan Dan Perikanan, Badan Pengembangan SDM KP, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rabiati., Basri. Y dan azrita. 2013. Pemberian Pakan Alami Yang Berbeda Terhadap Laju Sintasan Dan Pertumbuhan Larva Ikan Bujuk(Channa lucius Civier).Jurnal Penelitian. Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta.

Setiawan, F., U. Yanuhan dan A. Kurniawan. 2019. Status Hematologi dan Respon Imun Ikan Koi (Cyprinus carpio) yang terinfeksi Myxobolus sp. dengan Treatment Dimilin. Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology. 15(1) : 80-85

Setyowati., D.W., Astutui. 2020. Pengaruh Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa) dan ragi terhadap Prevalensi dan Intensitas Ektoparasit Pada Ikan Karper. Jurnal Biologi Tropis. 149-154

Tarigan, et al., 2014. Lajuu Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Botia (Chromobotia macracanthus) dengan Pakan Cacing Sutera (Tubifex sp). Jurnal Penelitian Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Zainuri, M., 2019. Rekayasa dan Tingkah Laku Ikan. UTMPRESS. Madura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.